Kenal Lebih Dalam dengan TikTok dan Sistem FYP, Kunci Konten Jadi Viral!
Apakah Anda punya aplikasi TikTok? Jika iya, konten seperti apa yang muncul di FYP Anda? Apakah itu video review skincare, kuliner, atau video kucing lucu? Nah, it adalah beberapa contoh konten yang umumnya muncul di FYP. Lalu, pernahkah Anda penasaran, mengapa secara spesifik sebuah konten bisa masuk ke FYP Anda?
FYP, atau singkatan dari For Your Page, merupakan sistem yang dijalankan oleh TikTok untuk menampilkan konten yang tepat dan personal kepada Anda. FYP berfungsi sebagai etalase utama, di mana algoritma TikTok bekerja untuk menyajikan konten yang relevan dengan preferensi, minat, dan kebiasaan Anda.
Kenapa FYP Begitu Spesial?
Tidak seperti platform lain yang lebih bergantung pada daftar teman atau account yang Anda follow, FYP TikTok menampilkan video dari siapa saja, bahkan dari akun dengan sedikit pengikut. Jadi, wajar saja jika banyak account, baik milik pribadi hingga brand yang mengejar FYP ini. Dengan kata lain, FYP jadi kesempatan untuk menampilkan suatu konten untuk menggaet konsumen atau viewer sebanyak-banyaknya.
Bagaimana Algoritma FYP Bekerja?
Algoritma TikTok mengamati sejumlah faktor penting yang memengaruhi apakah video Anda akan masuk ke FYP atau tidak. Beberapa di antaranya adalah:
1. Durasi Tontonan (Watch Time)
Semakin banyak pengguna yang menonton video Anda hingga selesai, semakin besar peluangnya masuk ke FYP. Video singkat yang menarik dari awal hingga akhir cenderung memiliki tingkat keberhasilan lebih tinggi.
2. Interaksi (Engagement)
TikTok sangat memperhatikan interaksi seperti likes, komentar, shares, dan saves. Untuk mendorong ini, tambahkan call-to-action dalam video Anda, seperti mengajak audiens mencoba cara live di TikTok atau memberi pendapat tentang topik tertentu.
3. Konsistensi Postingan
Akun yang rutin memposting konten akan lebih diperhatikan algoritma. Pastikan Anda memiliki jadwal teratur, seperti memposting pada jam FYP TikTok, yaitu saat audiens paling aktif di platform. Mudahnya, jika Anda secara konsisten posting konten, sistem TikTok akan memperhatikan aktivitas dan traffic Anda.
4. Relevansi dengan Minat Pengguna
Algoritma TikTok memantau perilaku pengguna, seperti video yang sering mereka tonton atau cari. Mengikuti tren populer serta menggunakan musik dan hashtag relevan dapat membantu menjangkau audiens yang lebih luas.
5. Kualitas Produksi Video
Meski bukan faktor utama, kualitas video tetap penting. Video yang memiliki pencahayaan baik, audio yang jelas, dan resolusi tinggi cenderung lebih menarik perhatian pengguna. Alias, kembali lagi ke poin nomor satu.
6. Penggunaan Hashtag yang Tepat
Algoritma TikTok memanfaatkan hashtag untuk memahami konteks video Anda. Selain hashtag populer seperti #FYP, gunakan hashtag yang spesifik dan relevan dengan konten Anda. Ini membantu algoritma menemukan audiens yang sesuai dengan video Anda.
Jelas sudah mengapa FYP banyak diburu oleh pengguna TikTok. Nah, pertanyaan selanjutnya, apa yang perlu dilakukan agar konten bisa tersebar ke FYP banyak orang? Berikut ini strateginya.
Strategi Efektif untuk Masuk FYP TikTok
Selain cara di atas, ada satu hal yang tidak kalah penting; unggah konten saat Golden Hour.
Post Saat Golden Hour
Golden Hour bukan hanya istilah dalam fotografi, namun juga di media sosial. Riset menunjukkan bahwa golden hour TikTok berbeda di setiap wilayah, tergantung kebiasaan pengguna. Merujuk pada data, berikut adalah golden hour di Indonesia yang bisa Anda coba:
Seperti yang bisa dilihat, beda hari, maka beda juga jamnya. Umumnya, jam yang terbaik adalah di waktu istirahat seperti di sore hari atau malam hari. Selain memeriksa jam fyp tiktok hari ini dan tips di atas, ada satu hal yang tidak kalah penting untuk mendukung konten Anda jadi lebih viral. Anda bisa memanfaatkan MCN.
MCN Bisa Bantu Jangkau Audiens Lebih Luas
Multi-Channel Network atau MCN adalah jaringan yang membantu kreator TikTok mengelola konten, mengoptimalkan algoritma, dan menjalin kerja sama dengan sponsor atau brand. Dengan dukungan ini, kreator dan brand dapat lebih mudah meningkatkan eksistensi dan menjangkau audiens yang lebih luas di platform.
Jika strategi pengelolaan konten dan optimasi algoritma sudah diurus oleh MCN, langkah berikutnya untuk meningkatkan eksposur lebih besar adalah berkolaborasi dengan influencer yang tepat. KOL.ID, sebagai platform yang menghubungkan brand dengan influencer TikTok, bisa membantu brand untuk memilih influencer sesuai dengan target audiens dan niche brand. Kolaborasi dengan KOL.ID bisa membantu konten lebih efektif dan berpotensi besar untuk masuk FYP, yang tentu saja meningkatkan visibilitas brand secara signifikan.
share this article
Febby Cynthia - Manager KOL.ID
Hi, I'm Febby! I’m passionate about connecting brands with KOLs who build trust and shape consumer choices. With expertise in KOL marketing and a focus on trends, I create partnerships that strengthen brand stories and drive growth.
Post You’ve Might Like
Empower your brand's
growth journey with KOL.id
Equip yourself with an all-inclusive suite of tools for initiating and expanding influencer marketing campaigns.
Try Kol.id for Free