KOL.ID Report: Subathon, Konsep Unik Live Streaming yang Hibur Penonton Berhari-hari!

Pernahkah Anda menonton streaming YouTube Reza Arap yang berlangsung 24 jam non stop? Reza Arap dan teman-temannya bermain game, makan, mengobrol, berinteraksi dengan penonton, bahkan sampai tidur - Semua kegiatan tersebut disiarkan secara langsung dalam YouTubenya non-stop selama berjam-jam, bahkan berhari-hari. Nah, konsep ini dikenal sebagai Subathon.
Reza Arap sendiri memodifikasi nama streamingnya menjadi “MARAPTHON”, yaitu gabungan dari kata “Marathon” dan “Arap”. Jika Anda mengira bahwa streaming ini hanya streaming biasa tanpa memiliki dampak besar, Anda keliru. Konsep Subathon justru banyak disukai penonton, bahkan menjadi peringkat 4 di live streaming YouTube Global pada 21 - 27 Januari 2025 versi streamchat.com. Menarik, bukan?
Dengan banyaknya penonton yang menyukai konten Marapthon Reza Arap, muncul pertanyaan, seperti apa sih konten live streamingnya hingga menjadi Top 4 YouTube Live di dunia? Nah, contoh live streaming Marapthon Reza Arab, bisa Anda lihat pada video YouTube di bawah ini:
Setelah mengetahui bahwa konsep live streaming seperti ini banyak disukai penonton, lantas, apa sebenarnya yang dimaksud dengan Subathon? Dan platform apa yang paling cocok untuk melakukan Subathon? Nah, dalam artikel ini, kita akan mengenal lebih dalam mengenai Subathon. Yuk, ketahui penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini!
Apa Itu Subathon?
Subathon adalah konsep live streaming di mana streamer melakukan siaran langsung yang durasinya diperpanjang berdasarkan dukungan dari penonton seperti donasi atau subscription. Semakin banyak donasi atau subscription, maka semakin lama durasi waktu live streaming. Bisa berjam-jam, bahkan berhari-hari.
Istilah Subathon berasal dari gabungan kata "subscription" dan "marathon," yang mencerminkan sifat maraton dari siaran ini. Subathon benar-benar bergantung pada keterlibatan audiens agar streaming dapat terus berlanjut. Fenomena ini populer di platform seperti Twitch, YouTube Live, dan Kick, terutama di kalangan streamer yang ingin meningkatkan engagement atau pendapatan mereka.
Agar subathon tetap berlangsung, streamer sering kali melakukan aktivitas untuk membuat penonton tetap terlibat, seperti bermain game, menawarkan hadiah, atau melakukan berbagai tantangan, seperti memakan makanan pedas yang tak tertahankan—apa pun untuk membuat audiens mereka terhibur dan menambah lebih banyak penonton.
Nah, sebenarnya kapan sih konsep subathon ini terkenal?
Kapan Konsep Subathon Viral?
Reza Arap bukanlah streamer yang pertama kali mengadopsi konsep Subathon. Subathon adalah konsep yang viral pada tahun 2021. Konsep ini mulai populer ketika salah satu top streamer asal Amerika, Ludwig Ahgref, menggelar live streaming di platform Twitch selama 31 hari tanpa henti.
Ludwig memulai Subathon pada tanggal 14 Maret 2021 dan selesai pada 14 April 2021. Ia berhasil melampaui 100.000 pelanggan Twitch dan menjadikannya streamer Twitch dengan pelanggan terbanyak di dunia.
Dari situlah konsep Subathon ini mulai populer dan banyak diikuti oleh streamer lainnya di seluruh dunia. Nah, bagi Anda yang ingin melakukan Subathon, terdapat beberapa jenis Subathon yang bisa Anda ikuti, yaitu:
Jenis-Jenis Subathon
Adapun jenis-jenis Subathon, yaitu:
1. Marathon Subathon
Marathon Subathon adalah jenis Subathon yang paling populer. Konsep ini juga digunakan Reza Arap dalam live streaming YouTubenya. Marathon Subathon adalah konsep di mana streamer melakukan streaming secara berjam-jam hingga berhari-hari tanpa henti. Konsep ini seperti pesta streaming di mana semua orang berkumpul, mengobrol, dan mendukung streamer selama menyelesaikan marathon.
Jenis subathon seperti ini biasanya berfokus pada daya tahan karena streamer berkomitmen untuk melakukan streaming terus-menerus selama marathon. Streamer juga sering kali menyertakan hadiah menarik seperti gift cards, merchandise atau uang tunai. Ini adalah cara menyenangkan bagi para streamer untuk menghibur penontonnya dan menambah keseruan pengalaman Subathon.
2. Play Subathon
Play Subathon adalah konsep subathon di mana streamer berkomitmen untuk memainkan game dengan durasi waktu tergantung pada seberapa banyak dukungan yang mereka dapatkan dari penonton. Semakin banyak yang berlangganan (subscribe) atau berdonasi, semakin lama siaran berlangsung. Bisa dibilang, ini adalah maraton bermain game yang didukung oleh antusiasme penonton!
Jenis subathon ini sangat cocok bagi streamer gaming yang ingin menunjukkan keahlian bermain game atau mencoba bermain game baru sambil berinteraksi dengan audiensnya.
3. Challenge Subathon
Challenge subathon membuat live streaming menjadi lebih seru. Dalam challenge subathon, penonton bisa memberikan tantangan kepada streamer. Semakin banyak orang yang berpartisipasi atau memberikan donasi, maka semakin banyak tantangan yang harus dilakukan streamer.
Tantangannya bisa bermacam-macam, mulai dari tugas dalam game, seperti menyelesaikan level dengan cara tertentu, hingga tantangan di dunia nyata, seperti makan makanan pedas atau melakukan tantangan konyol. Intinya, jenis subathon ini dibuat untuk hiburan, baik bagi streamer maupun penonton!
Setelah mengetahui beberapa jenis subathon, Apakah Anda mulai tertarik untuk melakukannya? jenis Subathon apa yang ingin Anda coba? Jangan lupa sesuaikan dengan niche konten Anda ya! Jika Anda streamer game, maka Anda cocok untuk menggunakan jenis Play Subathon, seperti menambah durasi streaming setiap kali mencapai milestone tertentu atau menyelesaikan misi khusus dalam game.
Jika Anda seorang content creator hiburan, Anda bisa menerapkan jenis Marathon Subathon dengan konsep nongkrong seperti Reza Arap. Berkumpul bersama teman-teman, mengobrol, bercanda, bahkan mengundang influencer atau artis untuk meningkatkan jumlah penonton.
Platform Apa yang Paling Banyak Diminati untuk Melakukan Subathon?
Jika sudah mengetahui jenis Subathon apa yang ingin digunakan, lantas pertanyaan yang muncul, platform apa ya yang cocok digunakan untuk live streaming dengan konsep Subathon?
Nah, berdasarkan riset dari stream Hatchnet 2024, Twitch menjadi platform dominan untuk live streaming, dengan total 61,1%. Namun, laporan tersebut menyoroti bahwa YouTube Gaming (22,9%) dan Kick (5,7%) semakin berkembang, sehingga membuat persaingan di dunia live streaming semakin beragam.
Data tersebut menunjukkan bahwa tren live streaming semakin kompetitif, dengan platform lain mulai menarik lebih banyak penonton dan memperluas pangsa pasar mereka. YouTube Gaming dan Kick terus mengalami pertumbuhan, yang menunjukkan bahwa pengguna kini memiliki lebih banyak pilihan untuk menikmati konten live streaming.
Selain itu, perubahan ini mencerminkan bagaimana industri live streaming tidak lagi didominasi oleh satu platform saja, melainkan semakin terbuka bagi pesaing baru yang menawarkan fitur dan pengalaman berbeda bagi kreator serta penonton.
Laporan tahunan Stream Hatchet 2024 mencatat bahwa total jam tayang live streaming mencapai 32,5 miliar jam. Angka ini menunjukkan peningkatan sebesar 12% dibandingkan dengan tahun 2023.
Data tersebut menunjukkan jumlah penonton live streaming di berbagai platform, mulai dari Twitch, YouTube Game, Kick, dan Soop Korea mengalami peningkatan pada tahun 2024. Artinya, semakin banyak orang yang menghabiskan waktu menonton live streaming di berbagai platform tersebut. Fitur seperti live chat, donasi, dan sistem keanggotaan membuat pengalaman menonton lebih menarik dan interaktif. Penonton tidak hanya sekadar menyaksikan konten, tetapi juga bisa berpartisipasi aktif dalam jalannya siaran.
Dalam buku terbaru karya jurnalis gaming, Nathan Grayson, yang berjudul “Stream Big” menjelaskan alasan mengapa orang tertarik menonton live streaming. Dalam buku tersebut mengungkapkan bahwa saat seseorang melakukan live streaming di twicth rasanya seperti duduk di sofa dan melihat teman bermain. Meskipun kita tidak ikut bermain, tetapi kita tetap bisa merasakan momen itu bersama mereka.
Anda Streamer tapi Belum Punya Rate Card? Buat Aja di KOL.ID!
Itulah beberapa penjelasan mengenai apa itu Subathon, jenis-jenisnya, hingga platform apa yang paling banyak diminati streamer atau content creator untuk melakukan Subathon. Nah, bagi Anda seorang streamer atau influencer gaming yang belum punya rate card, atau masih ragu dengan harga rate card yang Anda buat, Anda bisa membuat rate card di KOL.ID!
KOL.ID menyediakan tools untuk buat rate card dengan mudah dan praktis sesuai dengan performa akun Anda, baik untuk Instagram, YouTube, ataupun TikTok. Anda bisa mengetahui tarif rate card Anda sesuai dengan engagement rate secara akurat. Yuk, langsung saja cek website KOL.ID untuk informasi lebih lanjut, dan pastikan rate card Anda sesuai dengan tarif yang seharusnya ya!

share this article

Salsa - Manager KOL.ID
Hi, I'm Salsa! I focus on content marketing that brings brands together with KOLs to create authentic and engaging stories. By understanding trends and conducting research, I help brands and KOLs create impactful collaborations that resonate with their audience and deliver measurable results.
Post You’ve Might Like
Empower your brand's
growth journey with KOL.ID
Equip yourself with an all-inclusive suite of tools for initiating and expanding influencer marketing campaigns.
Try KOL.ID for Free