A

Audience Demographics

Audience Demographics adalah langkah penting untuk meningkatkan efektivitas kampanye tentang siapa, apa yang dibutuhkan, dan bagaimana cara menjangkaunya.

Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah sebuah model bisnis di mana Anda, sebagai seorang afiliasi, mempromosikan produk atau layanan orang lain melalui tautan unik.

Audience Targeting

Audience Targeting adalah proses identifikasi konsumen potensial berdasarkan karakteristik tertentu, seperti demografi, minat, perilaku, dan lokasi geografis.

A/B Testing

A/B Testing adalah metode eksperimental yang digunakan dalam pemasaran digital, pengembangan produk, dan desain web untuk membandingkan dua versi dari sebuah elemen.

Authenticity

Authenticity adalah keaslian atau ketulusan dalam menyampaikan pesan, baik melalui konten, produk, maupun interaksi dengan audiens.

Affiliate Link

Affiliate link adalah tautan unik yang digunakan oleh afiliasi untuk mempromosikan produk atau layanan dari suatu perusahaan.

Audience Insights

Audience insights adalah informasi yang diperoleh dari data tentang audiens yang memungkinkan pemasar memahami preferensi, perilaku, dan kebutuhan mereka.

Approval

Approval adalah langkah dalam siklus pembuatan konten pemasaran yang telah melewati tinjauan dari tim kreatif hingga disetujui untuk dipublikasikan.

Audience Age

Audience Age merujuk pada usia rata-rata atau kelompok usia dari audiens yang berinteraksi dengan sebuah merek, konten, atau kampanye pemasaran.

Agreement Letter

Agreement Letter adalah dokumen tertulis yang digunakan untuk meresmikan kesepakatan antara dua atau lebih pihak.

Approach

Approach adalah cara atau metode yang digunakan untuk menangani suatu situasi, tantangan, atau masalah tertentu.

Attendance

Attendance merujuk pada kehadiran KOL dalam event, kampanye, atau aktivitas promosi brand, yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas dan engagement audiens.

Average Order Value (AOV)

Pelajari apa itu AOV (Average Order Value), cara menghitungnya, dan mengapa metrik ini sangat penting untuk mengoptimalkan strategi bisnis Anda

Affiliate Program

Affiliate program adalah model pemasaran di mana seorang individu atau perusahaan mendapatkan komisi dengan mempromosikan produk atau layanan pihak lain

Affiliator

Affiliator adalah content creator yang mempromosikan produk melalui link khusus (affiliate link) untuk mendapatkan komisi.

Affiliate Creatives for Ads (ACA TikTok)

Affiliate Creatives for Ads (ACA) adalah sebuah fitur resmi dari TikTok Shop yang memungkinkan penjual (seller) untuk menggunakan video yang dibuat oleh affiliator sebagai materi iklan.

B

Brand Awareness

Pengertian Brand Awareness adalah tingkat keakraban konsumen terhadap produk atau jasa yang ditawarkan oleh sebuah brand.

Brand Ambassador

Brand Ambassador adalah seorang selebriti, influencer, atau orang yang memiliki pengaruh besar di komunitasnya.

Brand Messaging

Brand messaging adalah serangkaian pernyataan atau pesan yang digunakan perusahaan untuk berkomunikasi dengan audiensnya.

Brand Affinity

Brand affinity adalah tingkat keterikatan emosional yang konsumen rasakan terhadap sebuah merek.

Budget Allocation

Budget Allocation mengacu pada proses perencanaan dan distribusi sumber daya keuangan ke berbagai area bisnis atau aktivitas Anda.

Brand Lift

Brand lift adalah peningkatan persepsi dan kesadaran konsumen terhadap sebuah merek setelah mereka terpapar oleh kampanye iklan.

Branded Content

Branded content adalah pendekatan pemasaran yang bertujuan untuk menciptakan konten yang relevan dan bernilai bagi audiens.

Brand Consistency

Brand consistency adalah upaya untuk menjaga semua elemen suatu brand untuk selalu konsisten di semua saluran komunikasi dan interaksi dengan pelanggan.

Brand Voice

Brand voice adalah cara suatu merek berkomunikasi dengan audiensnya melalui berbagai saluran pemasaran.

Brand Positioning

Brand positioning adalah strategi yang digunakan oleh sebuah perusahaan untuk menempatkan merek di benak konsumen, berbeda dari pesaing lainnya.

Boost Code Ads

Boost Code Ads adalah teknik yang digunakan untuk mempercepat atau meningkatkan performa iklan digital menggunakan kode atau mekanisme tertentu.

Barter

Barter sering dilakukan sebagai bentuk kolaborasi, di mana KOL menawarkan promosi atau ulasan produk sebagai imbalan atas barang atau jasa dari suatu brand.

Blacklist

Blacklist adalah daftar individu, akun, atau entitas yang dianggap tidak diinginkan, tidak dapat dipercaya, atau melanggar aturan tertentu.

Brief

Brief adalah dokumen atau panduan singkat yang berisi informasi dan instruksi mengenai suatu kampanye dalam konteks media sosial dan pemasaran melalui KOL.

Brand Identity

Brand identity adalah kumpulan elemen visual dan non-visual yang membedakan suatu merek dari yang lain

Brand Collaboration

Brand collaboration adalah kerja sama antara dua atau lebih merek untuk menciptakan produk, layanan, atau kampanye bersama yang menguntungkan semua pihak.

Brand Loyalty

Brand loyalty adalah konsep yang menggambarkan tingkat keterikatan dan kesetiaan konsumen terhadap suatu merek atau brand.

Brand Advocacy

Brand advocacy adalah strategi pemasaran yang melibatkan pelanggan atau individu yang dengan sukarela mempromosikan dan merekomendasikan suatu merek kepada orang lain.

Boost Post

Boost Post adalah fitur yang disediakan oleh platform media sosial seperti Instagram dan Facebook untuk memperluas jangkauan konten.

Brand Perception

Brand perception adalah cara pelanggan memandang dan menilai suatu merek berdasarkan pengalaman, opini, dan interaksi yang mereka miliki dengan merek tersebut.

Brand Engagement

Brand engagement adalah tingkat interaksi dan keterlibatan pelanggan dengan merek serta mencerminkan keterikatan emosional yang mendorong pelanggan terus terhubung.

Brand Recall

Brand recall adalah kemampuan konsumen untuk mengingat sebuah brand tanpa bantuan atau petunjuk apa pun, hanya berdasarkan kategori produk atau layanan.

Brand Recognition

Brand recognition adalah kemampuan konsumen untuk mengenali dan mengingat sebuah merek hanya dari elemen visual atau audio tertentu, seperti logo, warna, slogan, atau jingle.

Brand Trust

Brand trust adalah tingkat kepercayaan konsumen terhadap sebuah merek, yang memengaruhi loyalitas dan keputusan pembelian.

Behind The Scenes (BTS)

Behind The Scenes (BTS) adalah jenis konten yang menampilkan proses di balik layar dari sebuah produksi film.

Bio Link

Bio link adalah tautan khusus yang ditempatkan di bio media sosial yang berfungsi memudahkan audiens untuk mengakses situs penting lainnya.

C

Conversion Rate

Conversion Rate adalah metrik penting dalam pemasaran digital yang menunjukkan persentase pengunjung yang melakukan tindakan yang diinginkan.

Content Strategy

Content Strategy adalah perencanaan, pengembangan, dan pengelolaan konten untuk mencapai tujuan bisnis.

Collaboration

Collaboration atau kolaborasi adalah pendekatan strategis di mana dua atau lebih pihak bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.

Content Creation

Content creation adalah proses pembuatan dan distribusi konten yang bertujuan untuk menyampaikan informasi, menghibur, atau memengaruhi audiens tertentu.

CTR

CTR (Click-Through Rate) adalah metrik yang digunakan dalam digital marketing untuk mengukur rasio antara jumlah klik yang diterima dengan jumlah tayangannya.

CTA

CTA atau Call to Action adalah sebuah terminologi yang merujuk ajakan untuk melakukan sesuatu dalam rangka mencapai suatu tujuan atau mengatasi suatu masalah.

Content Calendar

Content calendar adalah jadwal yang digunakan untuk merencanakan dan mengatur konten yang akan dipublikasikan di berbagai platform.

Content Pillars

Content pillars adalah konsep inti yang digunakan dalam strategi pemasaran konten untuk membantu merek menyusun, mengelola, dan mengembangkan konten yang relevan.

Conversion Funnel

Conversion funnel dapat membantu bisnis memahami langkah-langkah yang dilalui pelanggan potensial dan optimasi strategi pemasaran untuk meningkatkan konversi.

Campaign Objective

Campaign objective, atau tujuan kampanye, merujuk pada hasil spesifik yang ingin dicapai oleh sebuah kampanye pemasaran.

Content Curation

Content curation adalah proses mengidentifikasi, memilih, menyusun, dan berbagi konten yang relevan dan bernilai kepada audiens target Anda.

Campaign Timeline

Campaign timeline adalah rangkaian jadwal yang mengatur berbagai aktivitas pemasaran dari awal hingga akhir kampanye.

Content Amplification

Content amplification adalah proses mempromosikan dan menyebarluaskan konten untuk memastikan bahwa lebih banyak orang melihat dan berinteraksi dengannya.

Content Syndication

Content syndication adalah proses menyebarkan konten ke platform lain untuk memperluas jangkauan konten, meningkatkan visibilitas, dan menarik traffic.

Co-Creation

Co-creation adalah proses di mana perusahaan dan pelanggan bekerja sama untuk menciptakan sesuatu yang baru dan bernilai.

Content ROI

Content ROI merujuk pada metrik untuk mengukur efektifitas konten dalam mencapai tujuan bisnis, seperti peningkatan sales, engagement, atau awareness.

Competitive Analysis

Competitive Analysis adalah proses menganalisis pesaing bisnis Anda untuk memahami kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang mereka hadapi.

Community Management

Community management adalah proses membangun, mengelola, dan memelihara hubungan dengan audiens atau komunitas di platform digital.

Campaign Reporting

Campaign reporting adalah proses mengumpulkan dan menganalisis data dari campaign pemasaran untuk mengevaluasi keberhasilannya.

Content Optimization

Content optimization adalah serangkaian strategi yang diterapkan untuk meningkatkan kualitas dan relevansi konten di mata mesin pencari dan audiens.

CPE

CPE adalah metrik pembayaran dalam strategi pemasaran digital yang sering digunakan untuk mengukur efektivitas kampanye yang melibatkan KOL atau influencer.

CPM

CPM adalah salah satu metrik periklanan yang digunakan untuk menghitung biaya yang Anda keluarkan untuk mendapatkan 1.000 tampilan iklan.

Content Performance

Content performance adalah proses mengukur efektivitas konten digital dalam mencapai tujuan pemasaran atau bisnis.

Campaign Execution

Campaign Execution adalah langkah-langkah praktis yang Anda ambil untuk menjalankan kampanye pemasaran yang sudah direncanakan.

Campaign Scalability

Campaign scalability adalah kampanye pemasaran yang diperluas dengan lebih efisien seiring dengan peningkatan skala bisnis, anggaran, atau target audiens.

Campaign ROI

Campaign ROI adalah metrik yang digunakan untuk mengukur efektifitas kampanye pemasaran dalam menghasilkan keuntungan dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan.

Creative Direction

Creative Direction adalah peran penting dalam industri kreatif yang mencakup berbagai aspek, mulai dari branding hingga pengembangan produk visual dan komunikasi.

Conversion Optimization

Conversion optimization adalah proses sistematis untuk meningkatkan persentase pengunjung yang mengambil tindakan, seperti mendaftar, mengunduh, atau pembelian.

Campaign Strategy

Campaign strategy adalah sebuah rencana yang dirancang untuk mencapai tujuan tertentu melalui serangkaian tindakan yang terkoordinasi.

Comment per Post

Comment per post adalah metrik yang mengukur rata-rata jumlah komentar yang diterima oleh sebuah postingan di media sosial.

Compensation

Compensation adalah imbalan atau penghargaan yang diberikan kepada individu atas kontribusi mereka dalam bentuk pekerjaan atau layanan yang diberikan.

Content Ownership

Content ownership adalah hak kepemilikan atas konten yang dibuat oleh seseorang atau organisasi, baik dalam bentuk tulisan, gambar, video, atau lainnya.

Creative Control

Creative control adalah kemampuan untuk mengendalikan aspek kreatif suatu proyek, mulai dari konsep, desain, hingga eksekusi.

Cancellation

Cancellation adalah pembatalan atau penghentian sesuatu yang sudah direncanakan atau dipesan sebelumnya.

Confidentiality

Confidentiality adalah upaya untuk melindungi informasi sensitif dari akses atau penggunaan oleh pihak yang tidak berwenang.

Credibility

Pengertian credibility adalah persepsi yang dimiliki orang lain terhadap integritas, kompetensi, dan keandalan suatu perusahaan.

Content Marketing

Pengertian content marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan konten yang relevan dan berkualitas untuk menarik dan melibatkan audiens.

Content Creator

Content creator adalah seseorang yang membuat konten dalam berbagai format, seperti teks, gambar, video, hingga audio, untuk dibagikan di berbagai platform.

Cost Per Result (CPR)

CPR atau Cost Per Result menunjukkan efisiensi penggunaan anggaran iklan dalam menghasilkan hasil yang diinginkan.

Cost

Cost, atau biaya, adalah sejumlah sumber daya yang harus dikeluarkan untuk memperoleh suatu produk, layanan, atau hasil tertentu.

CPC

CPC adalah singkatan Cost Per Click, yaitu model pembayaran dalam iklan digital di mana pengiklan membayar setiap kali seseorang mengklik iklan mereka.

CAC

Customer Acquisition Cost (CAC) adalah metrik yang digunakan untuk menghitung biaya rata-rata yang dikeluarkan perusahaan untuk memperoleh satu pelanggan baru

Community Engagement

Community engagement adalah strategi interaktif yang digunakan oleh bisnis atau organisasi untuk membangun hubungan yang kuat dengan komunitas mereka.

Community Building

Community building adalah proses menciptakan dan memperkuat hubungan antarindividu dalam suatu kelompok atau komunitas untuk mencapai tujuan bersama

Creative Brief

Creative brief adalah dokumen singkat yang berfungsi sebagai panduan bagi tim kreatif dalam mengembangkan suatu proyek.

Creative Agency

Creative agency adalah perusahaan yang menyediakan layanan kreatif untuk membantu merek menyampaikan pesan mereka dengan cara yang unik, menarik, dan relevan.

Collaborative Filtering

Collaborative Filtering adalah metode berbasis data yang digunakan untuk menyaring dan merekomendasikan KOL, influencer, atau strategi konten.

Competitor Benchmarking

Competitor Benchmarking adalah proses sistematis untuk membandingkan kinerja, strategi, dan praktik bisnis perusahaan dengan pesaing di industri yang sama

Campaign ATOM

Campaign atom bantu brand mencoba berbagai pilihan strategi saat masuk ke media sosial.

Campaign Brief

Campaign brief adalah dokumen panduan yang dirancang untuk memberikan arahan dalam pelaksanaan sebuah kampanye, baik itu kampanye pemasaran, sosial, atau lainnya.

Content Schedule

Content schedule adalah rencana terstruktur yang digunakan untuk mengatur dan menjadwalkan publikasi konten di berbagai platform digital

Carousel

Carousel adalah format konten visual yang menampilkan beberapa gambar atau slide dalam satu postingan yang dapat digeser ke kiri atau kanan.

Clipper Video

Clipper video adalah orang yang memotong video berdurasi panjang menjadi cuplikan pendek yang menarik untuk dibagikan di media sosial.

Content Saturation

Content saturation adalah kondisi di mana sebuah topik atau niche memiliki begitu banyak konten yang tersedia, sehingga konten baru sulit untuk menonjol dan mendapatkan perhatian dari audiens.

Cancel Culture

Cancel culture adalah tindakan kolektif untuk menghentikan dukungan terhadap artis atau influencer yang dianggap melakukan kesalahan moral.

Caption

Caption adalah teks singkat yang melengkapi foto dan video di media sosial untuk memperjelas postingan dan mendorong interaksi.

Customer Churn

Customer churn adalah kondisi ketika pelanggan berhenti menggunakan produk atau layanan suatu bisnis.

D

Demographic Segmentation

Demographic segmentation adalah teknik pemasaran yang membagi pasar menjadi kelompok berdasarkan karakteristik demografis.

Dark Post

Dark post adalah jenis iklan berbayar yang ditampilkan di platform media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter.

Dispute Resolution

Dispute Resolution adalah proses yang digunakan untuk menyelesaikan perselisihan atau konflik antara dua pihak atau lebih tanpa harus melalui jalur pengadilan.

Drafting

Drafting adalah proses menyusun rancangan atau draf awal yang akan menjadi dasar dari dokumen, gambar teknis, atau desain akhir.

Disclosures

Disclosures adalah pengungkapan yang jelas dan terbuka terkait dengan hubungan antara pihak yang terlibat dalam suatu kampanye pemasaran.

Demographics

Demographics adalah data atau informasi statistik tentang populasi yang digunakan untuk mengidentifikasi dan memahami kelompok tertentu dalam audiens.

Digital Marketing

Pelajari apa itu digital marketing dan bagaimana strategi ini dapat membantu bisnis Anda berkembang di era digital

Deinfluencing

Deinfluencing adalah tren melawan budaya konsumtif di media sosial. Baca Selengkapnya di KOL.ID

Digital PR

Digital PR adalah cara modern membangun reputasi brand melalui media digital.

Digital Fatigue

Digital fatigue adalah kelelahan mental dan fisik yang muncul akibat terlalu banyak terpapar layar digital dalam waktu lama.

Direct Message (DM)

DM (Direct Message) adalah fitur pesan pribadi yang tersedia di berbagai platform media sosial.

E

Engagement Rate

Engagement rate adalah salah satu metrik penting dalam dunia pemasaran secara digital, terutama di platform media sosial.

Earned Media

Earned Media adalah bentuk promosi yang tidak dibayar dan tidak dimiliki oleh merek, tetapi diperoleh melalui upaya komunikasi dan interaksi dengan audiens atau media lain.

Engagement Pods

Engagement pods adalah kelompok atau komunitas di media sosial yang anggotanya bekerja sama untuk meningkatkan engagement pada postingan masing-masing.

Engagement Optimization

Engagement Optimization adalah serangkaian strategi dan teknik yang digunakan untuk meningkatkan interaksi antara audiens dan konten.

Endorsement

Endorsement adalah strategi pemasaran yang menggunakan pengaruh individu, seperti selebriti, influencer, atau tokoh publik untuk mempromosikan produk atau layanan.

EGC

Employee-Generated Content (EGC) adalah konten yang dibuat oleh karyawan suatu perusahaan di media sosial.

Evergreen Content

Evergreen content adalah jenis konten yang tetap relevan, bermanfaat, dan dicari oleh audiens dalam jangka waktu panjang.

Exclusivity

Exclusivity adalah kesepakatan antara brand dan KOL di mana KOL tidak boleh bekerja sama dengan brand kompetitor selama periode tertentu.

F

Follower Growth

Follower Growth adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan peningkatan jumlah pengikut atau subscriber pada platform media sosial.

Follower Loyalty

Follower Loyalty adalah tingkat keterikatan dan kesetiaan pengikut yang bukan hanya sekadar mengikuti akun, tetapi juga mencakup respons konten yang dibuat.

Follower

Pengertian follower mengacu pada seseorang atau akun yang secara aktif mengikuti akun lain di platform media sosial.

Followers Growth

Followers growth secara sederhana mengacu pada pertumbuhan jumlah pengikut (followers) pada akun media sosial dari waktu ke waktu.

Followers Location

Followers Location adalah data yang menunjukkan lokasi geografis pengikut atau audiens dari akun media sosial tertentu.

Followers Distribution

Followers distribution adalah salah satu aspek penting yang sering kali diabaikan ketika membahas strategi pemasaran digital, terutama di media sosial.

Followers Demographics

Followers Demographics adalah data demografis yang mengidentifikasi karakteristik pengikut di media sosial seperti usia, jenis kelamin, lokasi, dan minat pengikut.

FYP TikTok

Sistem FYP TikTok menghadirkan konten yang sesuai dengan selera Anda.

FB Pro

Fb Pro adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengoptimalkan dan memonetisasi karya mereka.

Finfluencer

Finfluencer adalah influencer yang membagikan wawasan dan edukasi terkait keuangan.

Finsta

Finsta adalah kependekan dari โ€œFake Instagramโ€ yaitu akun kedua yang dibuat oleh pengguna Instagram untuk membagikan konten yang lebih santai dan personal.

Fanbase

Fanbase adalah sekelompok penggemar yang setia dan aktif mendukung seorang influencer, figur publik, band, atau musisi.

Facebook Live

Facebook Live adalah fitur siaran langsung dari Facebook yang memungkinkan pengguna untuk membagikan momen secara real-time.

FLKS TikTok

FLKS TikTok adalah singkatan dari Follow, Like, Komentar, dan Share, bentuk interaksi yang sering dilakukan antar affiliator untuk saling bantu menaikkan engagement akun.

G

Geotagging

Geotagging adalah proses menambahkan informasi geografis ke dalam media digital, seperti foto, video, atau status di media sosial.

Giveaway

Giveaway adalah bentuk promosi di mana perusahaan, bisnis, atau individu memberikan hadiah secara gratis kepada audiens atau pelanggan dengan syarat tertentu.

Ghosting

Ghosting adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan situasi di mana seseorang menghilang tanpa memberikan penjelasan atau pemberitahuan kepada orang lain.

Guaranteed Views

Pelajari cara kerja Guaranteed Views untuk optimalkan pemasaran Anda.

Gamification

Gamification adalah strategi yang menerapkan elemen-elemen game untuk menarik keterlibatan pengguna.

GMV Max TikTok

GMV Max TikTok adalah fitur iklan otomatis di TikTok Shop yang dirancang khusus untuk membantu seller memaksimalkan penjualan produk mereka.

GPM TikTok

GPM (Gross Merchandise per Million) TikTok adalah metrik yang digunakan untuk mengetahui berapa banyak transaksi berhasil yang dihasilkan dari setiap 1.000 tayangan (views) pada konten, baik berupa live streaming maupun short video.

H

Hashtag

Hashtag adalah simbol tanda pagar yang diikuti oleh kata atau frasa tanpa spasi di media sosial untuk mengelompokkan konten berdasarkan topik tertentu.

Homeless Media

Homeless Media menyajikan berita terbaru dengan waktu yang cepat melalui media sosial.

Hook Content

Pelajari cara membuat hook konten yang menarik untuk meningkatkan engagement di media sosial.

I

Influencer

Influencer adalah individu yang memiliki pengaruh besar di dunia digital, terutama melalui media sosial.

Impressions

Impressions adalah jumlah total tampilan atau penayangan sebuah konten, iklan, atau postingan kepada pengguna.

Influencer Marketing Platform

Influencer Marketing Platform adalah sebuah teknologi berbasis web atau aplikasi yang dirancang untuk menjalankan, mengelola, dan mengoptimalkan kampanye marketing.

Influencer Outreach

Influencer Outreach adalah proses mengidentifikasi, menjangkau, dan membangun hubungan dengan para influencer untuk tujuan pemasaran atau promosi.

Influencer Agreement

Influencer Agreement adalah elemen krusial dalam pemasaran influencer karena membantu menghindari kesalahpahaman dan potensi konflik.

Influencer Contract

Influencer contract adalah perjanjian tertulis yang mengikat antara company atau brand dengan seorang influencer, yang bertujuan untuk mengatur segala aspek kerja sama.

Influencer Vetting

Influencer Vetting adalah proses evaluasi dan pemilihan influencer berdasarkan kriteria untuk menentukan apakah mereka sesuai dengan tujuan dan nilai brand.

Influencer Tiering

Influencer tiering secara sederhana adalah metode pengelompokan influencer. Pengelompokkan ini dilakukan berdasarkan beberapa parameter.

Influencer Fatigue

Influencer Fatigue adalah kondisi audiens mulai merasa bosan dengan konten oleh influencer, terutama yang berfokus pada promosi produk atau layanan tertentu.

Influencer Fraud Detection

Influencer Fraud Detection adalah proses mengidentifikasi aktivitas penipuan atau manipulatif yang dilakukan oleh influencer untuk menipu brand atau perusahaan.

Influencer Onboarding

Influencer Onboarding adalah tahap merek memperkenalkan influencer ke visi, misi, dan nilai-nilai perusahaan serta harapan dan tujuan kampanye kolaboratif.

Influencer Brief

Influencer Brief adalah panduan yang diberikan kepada influencer untuk menjelaskan apa yang diharapkan dari mereka selama kampanye pemasaran.

Influencer Gifting

Influencer gifting adalah strategi pemasaran di mana bisnis atau merek mengirimkan produk atau layanan gratis kepada influencer.

Influencer Guidelines

Influencer guidelines adalah panduan tertulis yang diberikan oleh sebuah merek atau bisnis kepada influencer sebelum memulai kerja sama untuk kampanye promosi.

Influencer Activation

Influencer activation adalah strategi pemasaran yang melibatkan aktivasi influencer dalam kampanye yang dirancang untuk mempromosikan produk atau layanan.

Influencer Discovery

Influencer Discovery adalah proses identifikasi dan pencarian individu berpengaruh di platform media sosial yang sesuai dengan target audiens suatu merek.

Influencer Collaboration

Influencer collaboration adalah strategi pemasaran sebuah merek bekerja sama dengan influencer untuk menciptakan konten yang mempromosikan produk atau layanan.

Influencer Alignment

Influencer alignment mengacu pada penyelarasan antara nilai-nilai, visi, dan pesan dari sebuah merek dengan karakter dan gaya konten dari seorang influencer.

Influencer Compensation

Influencer compensation adalah bentuk pembayaran atau imbalan yang diberikan kepada influencer atas kerjasama promosi yang mereka buat untuk suatu merek.

Influencer Briefing

Influencer briefing adalah dokumen atau panduan yang disusun oleh merek atau agensi untuk memberikan arahan kepada influencer.

Influencer Retention

Influencer retention adalah mempertahankan hubungan baik dengan influencer agar tetap loyal dan terus bekerja sama dengan brand dalam berbagai kampanye.

Influencer ROI Calculation

Influencer ROI Calculation adalah proses perhitungan yang digunakan untuk menentukan seberapa efektif kolaborasi Anda dengan influencer.

Indemnity

Indemnity adalah perjanjian atau kontrak di mana satu pihak setuju untuk menanggung kerugian atau kerusakan yang mungkin dialami oleh pihak lain.

Instagram Story

Instagram Story adalah fitur di Instagram yang memungkinkan pengguna untuk membagikan foto atau video singkat yang hanya tampil dalam 24 jam saja.

Instagram Feed

Instagram feed adalah salah satu elemen penting dalam platform media sosial Instagram yang menjadi pusat dari segala aktivitas visual.

Instagram Reels

Instagram Reels adalah fitur Instagram untuk memungkinkan pengguna membuat dan membagikan video pendek yang dapat disertai dengan musik, teks, dan efek kreatif.

Insight

Insight adalah pemahaman mendalam yang diperoleh melalui analisis data atau informasi.

Influencer Marketing

Influencer marketing adalah strategi pemasaran yang melibatkan individu berpengaruh atau influencer untuk mempromosikan produk atau layanan

IGTV (Instagram TV)

IGTV (Instagram TV) adalah platform berbasis video yang diciptakan oleh Instagram untuk mengunggah video dengan durasi yang lebih panjang

Influencer Platform

Influencer platform adalah sebuah sistem atau layanan berbasis teknologi yang memfasilitasi kolaborasi antara merek dan influencer.

Influencer Seeding

Influencer seeding adalah strategi pemasaran yang melibatkan pengiriman produk secara gratis kepada influencer.

Instagram Explore

Instagram Explore adalah halaman yang dikurasi otomatis oleh algoritma untuk menampilkan konten dari akun yang relevan dengan pengguna.

J

Jobdesk KOL

Key Opinion Leader atau KOL adalah seseorang yang memiliki pengaruh kuat di bidang tertentu dan dipercaya audiens karena kredibilitas serta keahliannya.

Jobdesk KOL Specialist

Seorang KOL Specialist memiliki tanggung jawab yang cukup beragam, mulai dari tahap riset hingga monitoring hasil campaign. Simak selengkapnya di sini!

Jobdesk KOL Handling

KOL handling adalah orang yang mengelola komunikasi dan koordinasi antara brand dan KOL untuk memastikan campaign berjalan lancar.

K

KPI

KPI atau Key Performance Indicators adalah metrik yang digunakan untuk mengukur keberhasilan KOL dalam mencapai tujuan kampanye pemasaran yang telah ditetapkan.

KOL

KOL adalah individu yang memiliki keahlian, pengetahuan, atau pengaruh kuat dalam bidang tertentu, sehingga pendapat atau rekomendasinya dihargai oleh audiensnya.

Key Messaging

Key messaging adalah pesan inti yang digunakan untuk menyampaikan informasi utama mengenai produk, layanan, organisasi, atau kampanye kepada audiens tertentu.

Kalkulator TikTok

Cari tahu soal kalkulator TikTok untuk menghitung estimasi pendapatan dari akun TikTok

KOL Specialist

KOL Specialist membantu brand terhubung dengan influencer untuk meningkatkan visibilitas dan kepercayaan

KOL Strategis

KOL Strategis membantu merancang dan mengelola campaign yang punya dampak besar.

KOL Manager

Pelajari apa itu KOL Manager, tanggung jawabnya, dan strategi sukses dalam mengelola Key Opinion Leader

KOL Management

KOL Management adalah perusahaan yang menangani dan menjadi wadah para KOL dalam bernaung secara profesional.

KOL Exclusive

KOL Exclusive berada di bawah manajemen untuk urusan kerja sama dan project yang masuk.

Koin TikTok

Koin TikTok adalah mata uang virtual resmi yang digunakan dalam aplikasi TikTok.

Kerkun

Kerkun adalah singkatan dari Keranjang Kuning yang umumnya muncul dalam video di TikTok.

KOL Marketing

KOL marketing adalah strategi pemasaran di mana brand atau bisnis bekerja sama dengan Key Opinion Leader (KOL) untuk meningkatkan promosinya.

Jobdesk KOL Listing

KOL listing adalah seseorang yang bertugas untuk melakukan riset, pengumpulan data, hingga menghubungi KOL untuk melakukan deal rate sesuai kebutuhan brand.

L

Lead Generation

Lead Generation adalah proses menarik dan mengonversi orang yang tertarik pada produk atau layanan bisnis Anda menjadi prospek potensial atau lead.

Long Term Partnership

Long term partnership bukan hanya tentang kesepakatan kontrak, tetapi juga menciptakan kolaborasi yang saling menguntungkan dan terus berkembang seiring waktu.

Likes per Post

Likes per post adalah ukuran interaksi yang sangat populer di media sosial, terutama di platform seperti Instagram, TikTok, dan Facebook.

Liability

Liability adalah kewajiban atau utang yang dimiliki oleh perusahaan atau individu, dan harus dibayar atau dilunasi pada waktu yang telah ditentukan.

Likes Growth

Likes growth merujuk pada peningkatan jumlah likes yang diterima suatu akun atau konten di media sosial secara bertahap dan konsisten.

Live Streaming

Live Streaming adalah proses menyiarkan video secara langsung atau live melalui internet kepada audiens secara langsung.

Listing

Listing adalah proses di mana profil influencer atau KOL ditempatkan pada platform khusus, sehingga dapat diakses oleh merek atau bisnis yang mencari kolaborasi.

Lock

Lock adalah istilah yang mengacu pada kesepakatan atau kontrak eksklusivitas antara brand dan KOL.

Lookbook

Lookbook adalah kumpulan gambar atau visual yang disusun secara khusus untuk memamerkan koleksi produk, gaya fashion, atau konsep desain tertentu.

Legal Compliance

Legal compliance pada dasarnya ialah kepatuhan hukum, berlaku juga dalam industri pemasaran yang melibatkan KOL (Key Opinion Leader) atau influencer.

Live Commerce

Belanja online semakin menarik dan mudah karena ada fitur siaran langsung.

Loyalty Program

Loyalty program adalah cara efektif untuk memberikan reward untuk pelanggan.

Link Share Affiliate

Link share affiliate adalah program TikTok Shop yang memungkinkan affiliator atau content creator membagikan link produk ke media sosial lain untuk mendapatkan komisi.

M

Micro Influencer

Micro Influencer adalah individu yang memiliki pengikut di media sosial dalam kisaran 1.000 hingga 100.000 orang.

Macro Influencer

Macro Influencer adalah individu atau tokoh di media sosial yang memiliki jumlah pengikut besar, biasanya antara 100.000 hingga 1 juta.

Media Kit

Media Kit adalah dokumen yang dirancang untuk mempresentasikan profil brand, bisnis, atau individu secara komprehensif kepada calon klien, mitra bisnis, atau media.

Media Outreach

Media Outreach adalah aktivitas yang dilakukan untuk menjangkau dan membangun hubungan dengan media untuk mendapatkan pemberitaan yang positif.

Market Penetration

Market Penetration atau penetrasi pasar adalah strategi bisnis yang bertujuan untuk meningkatkan pangsa pasar suatu produk atau layanan di pasar yang sudah ada.

Multi Channel Marketing

Multi channel marketing secara sederhana adalah strategi pemasaran yang melibatkan penggunaan berbagai saluran komunikasi untuk menjangkau konsumen dan prospek.

Market Segmentation

Market segmentation adalah proses membagi pasar yang luas menjadi kelompok-kelompok yang lebih kecil berdasarkan berbagai faktor seperti demografi maupun psikografis.

Mega Influencer

Mega influencer adalah individu yang memiliki jumlah pengikut yang sangat besar di platform media sosial. Biasanya, memiliki lebih dari 1 juta pengikut.

Miscellaneous

Miscellaneous merupakan istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan kumpulan hal atau kategori yang beragam dan tidak terkait secara spesifik.

Mirroring

Mirroring adalah proses di mana konten yang diunggah di satu platform secara otomatis diposting ulang di platform lainnya.

Memorandum of Understanding (MoU)

MoU (Memorandum of Understanding) adalah dokumen non-hukum yang menjadi dasar bagi dua pihak atau lebih untuk memulai kerjasama atau perjanjian.

Marketing 360

Marketing 360 bantu bisnis bisa jangkau pasar lebih luas dan memperkuat brand serta meningkatkan penjualan secara terhubung.

Murce

Murce merujuk pada sesuatu yang sangat murah atau terjangkau dan sering digunakan dalam berbagai kegiatan promosi atau pemasaran.

Media Coverage

Media coverage adalah liputan yang diberikan oleh media massa terhadap suatu peristiwa, produk, layanan, atau individu.

Marketing Funnel

Pelajari cara kerja marketing funnel dan strategi pemasaran yang lebih efektif

Monetisasi

Monetisasi merupakan cara untuk menghasilkan uang dari konten Anda.

Mini BA

Mini Brand Ambassador (Mini BA) adalah individu yang berperan sebagai duta brand dalam skala kecil, biasanya dengan jumlah pengikut yang lebih sedikit dibandingkan dengan influencer besar.

Meme

Meme adalah gambar atau video dengan teks lucu di dalamnya yang menyebar cepat di media sosial.

Messy Middle

Messy middle adalah istilah marketing yang menggambarkan fase saat konsumen masih berada di tahap pertimbangan sebelum mengambil keputusan pembelian.

Multiple Platform Customer Journey

Multiple Platform Customer Journey adalah proses ketika konsumen mengambil keputusan pembelian dengan melibatkan berbagai platform marketplace dan media sosial.

N

Nano Influencer

Nano influencer adalah individu yang memiliki jumlah pengikut di media sosial yang relatif kecil, biasanya berkisar antara 1.000 hingga 10.000 pengikut.

Native Advertising

Native Advertising merupakan bentuk iklan berbayar yang dirancang agar selaras dengan konten asli di platform di mana iklan tersebut ditayangkan.

Non Compete Clause

Non compete clause adalah sebuah klausul yang terdapat dalam kontrak kerja atau perjanjian yang mengatur seseorang.

Niche Market

Niche market adalah segmen pasar yang terfokus pada kebutuhan spesifik yang belum sepenuhnya dipenuhi oleh pasar umum.

Newsjacking

Newsjacking adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan berita atau peristiwa yang sedang viral untuk mempromosikan produk, jasa, atau engagement brand.

O

Organic Reach

Organic Reach adalah metrik yang menunjukkan berapa banyak orang yang telah melihat konten Anda secara alami di platform media sosial atau mesin pencari.

Owned Media

Owned Media adalah media yang sepenuhnya dimiliki dan dikendalikan oleh bisnis atau organisasi.

Owning Content

Owning content adalah strategi pemasaran di mana Anda memiliki dan mengendalikan sepenuhnya setiap aspek konten yang diproduksi.

Organic Content

Organic content adalah jenis konten yang dibuat dan dibagikan secara alami tanpa menggunakan iklan berbayar atau promosi.

P

Paid Partnership

Paid partnership adalah bentuk kolaborasi kreator konten atau influencer yang bekerja sama dengan sebuah merek untuk mempromosikan produk atau layanan mereka.

Paid Media

Paid Media adalah jenis media yang melibatkan pembayaran kepada pihak ketiga untuk mempromosikan konten atau pesan pemasaran.

Psychographic Segmentation

Psychographic segmentation adalah teknik yang digunakan untuk mengelompokkan konsumen berdasarkan faktor psikologis seperti kepribadian, nilai, minat, gaya hidup.

Performance Metrics

Performance metrics adalah alat ukur yang digunakan oleh perusahaan untuk menilai efektivitas strategi bisnis atau kampanye pemasaran mereka.

Paid Sponsorship

Paid sponsorship adalah strategi pemasaran di mana sebuah bisnis membayar individu, perusahaan, atau organisasi untuk mempromosikan produk atau layanannya.

Paid Media Strategy

Paid Media Strategy adalah strategi pemasaran perusahaan membayar untuk menampilkan iklan atau konten kepada audiens yang lebih luas melalui saluran berbayar.

Performance Benchmarking

Performance benchmarking adalah proses sistematis di mana perusahaan membandingkan kinerja mereka dengan pesaing atau perusahaan lain di industri yang sama.

Partnership

Partnership adalah salah satu struktur bisnis di mana para mitra bersama-sama menjalankan bisnis dan berbagi tanggung jawab atas keuntungan maupun kerugian.

Personal Branding

Personal branding adalah cara Anda memperkenalkan dan mempromosikan diri kepada orang lain atau masyarakat.

Posting

Posting adalah istilah yang merujuk pada tindakan mengunggah atau membagikan konten di platform digital.

Profile

Profile merujuk pada halaman atau bagian di platform online yang memuat informasi pribadi atau profesional seseorang.

Public Relations

Public Relations (PR) adalah proses manajemen komunikasi antara organisasi dan publiknya dengan tujuan membangun citra positif dan menjaga hubungan yang harmonis.

Press Conference

Press conference adalah bentuk komunikasi yang digunakan oleh individu, perusahaan, atau organisasi untuk menyampaikan informasi penting kepada publik atau media.

Placement

Placement adalah strategi yang digunakan untuk menempatkan produk atau merek dalam sebuah media, baik film, acara TV, media sosial, atau konten digital lainnya.

Psychographics

Psychographics adalah metode analisis yang digunakan untuk memahami karakteristik psikologis, gaya hidup, nilai, dan preferensi individu atau kelompok.

Product Review

Product review adalah ulasan atau penilaian yang diberikan oleh konsumen atau pengulas independen terhadap suatu produk atau layanan.

Performance Report

Performance report adalah dokumen yang berisi evaluasi kinerja suatu individu, tim, atau organisasi dalam periode tertentu.

Performance Dashboards

Performance dashboards adalah alat visual yang digunakan untuk memantau, menganalisis, dan mengelola kinerja suatu organisasi, tim, atau proyek.

Press Kit

Press Kit adalah kumpulan materi informasi yang dirancang untuk memberikan gambaran lengkap tentang perusahaan atau produk kepada media dan mitra bisnis.

Performance Marketing Specialist

Performance Marketing Specialist adalah seorang profesional yang berfokus pada strategi untuk merancang dan melaksanakan campaign yang hasilnya dapat diukur menggunakan data.

Press Release

Press release adalah pernyataan resmi yang dirilis oleh perusahaan, organisasi, atau kampus untuk memberikan informasi penting kepada media dan publik.

PR Digital

PR Digital adalah strategi komunikasi yang memanfaatkan platform digital untuk membangun, mengelola, dan meningkatkan citra serta reputasi sebuah perusahaan.

PR Crisis

PR Crisis adalah situasi di mana reputasi perusahaan mengalami ancaman akibat isu negatif yang tersebar luas.

PR Agency

PR Agency adalah perusahaan yang bertugas membantu brand dalam membangun komunikasi dan menjaga reputasi mereka di mata publik.

Paid Promote

Paid promote adalah strategi promosi di mana Anda membayar orang yang memiliki akun media sosial dengan jumlah followers tertentu untuk mempromosikan produk atau layanan Anda.

Pitching

Pitching adalah kegiatan menyampaikan ide, produk, atau proposal secara ringkas kepada berbagai pihak untuk kepentingan bisnis.

Pinned Comment

Pinned Comment adalah fitur yang memungkinkan pengguna memilih satu komentar agar selalu muncul di paling atas komentar lainnya.

Pinned Post

Pinned post adalah fitur di media sosial yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan konten tertentu di bagian paling atas profil mereka.

Q

Q&A Session

Q&A session adalah kegiatan di mana peserta, baik itu audiens, peserta pelatihan, maupun pemirsa, dapat mengajukan pertanyaan terkait topik yang sudah dibahas.

R

Reach

Reach adalah jumlah unik pengguna yang melihat konten atau iklan Anda. Reach mengacu pada berapa banyak orang yang terpapar oleh konten yang dibagikan.

ROI

ROI (Return on Investment) adalah salah satu metrik paling penting yang digunakan dalam dunia bisnis.

Real Time Engagement

Real Time Engagement adalah interaksi langsung antara merek atau individu dengan audiens melalui platform digital seperti media sosial atau streaming video

Representation

Pengertian Representation adalah cara suatu merek atau produk digambarkan, dipresentasikan, atau ditampilkan kepada publik.

Rate per Video

Rate per video adalah tarif atau biaya yang dikenakan oleh seorang kreator konten atau influencer untuk membuat dan mempublikasikan sebuah video.

Review

Review adalah ulasan yang dilakukan terhadap suatu produk, layanan, atau pengalaman untuk memberikan informasi yang objektif dan berdasarkan pengalaman pribadi.

Rate Card

Rate card adalah dokumen resmi yang berisi daftar harga untuk berbagai layanan atau produk yang ditawarkan oleh perusahaan atau individu.

Reach Out

Reach out adalah sebuah ungkapan yang berarti menjangkau seseorang atau sekelompok orang dengan tujuan tertentu.

Revisi

Revisi adalah proses mengubah atau memperbaiki konten yang telah dibuat atau strategi yang telah dijalankan agar sesuai dengan kebutuhan atau tujuan tertentu.

Repost

Repost adalah tindakan mengunggah ulang konten orang lain di akun media sosial milik kita dengan tujuan membagikan informasi, ide, atau pesan yang dianggap menarik.

Reels

Reels adalah fitur berbasis video pendek yang pertama kali diperkenalkan oleh Instagram pada tahun 2020.

RTB (Real-Time Bidding)

RTB (Real-Time Bidding) adalah sistem lelang iklan yang memungkinkan pengiklan untuk membeli ruang iklan di situs web secara otomatis

Referral

Referral adalah strategi marketing di mana pelanggan atau pengguna suatu produk merekomendasikan produk atau layanan tersebut kepada orang lain.

Repurchase

Repurchase adalah tindakan konsumen membeli kembali produk atau layanan yang sebelumnya pernah mereka beli.

Retention Rate

Retention rate adalah persentase pengguna atau pelanggan yang terus menggunakan produk atau layanan perusahaan dalam periode tertentu.

S

Sponsored Post

Sponsored post adalah bentuk konten yang dibuat seorang kreator atau penerbit atas nama sebuah brand untuk mempromosikan produk, layanan, atau kampanye tertentu.

Social Media Algorithm

Social Media Algorithm adalah sekumpulan aturan, instruksi, atau program yang digunakan oleh platform media sosial untuk menentukan bagaimana konten ditampilkan.

Storytelling

Storytelling adalah seni menyampaikan cerita, ide, atau pesan dengan cara yang menarik dan memikat.

Social Media Analytics

Social Media Analytics adalah proses pengumpulan, analisis, dan interpretasi data untuk mengukur kinerja konten, memahami perilaku audiens, dan membuat keputusan.

Social Listening

Social listening adalah proses memantau percakapan di media sosial dan internet untuk memahami apa yang dikatakan tentang merek, produk, atau topik tertentu.

Social Proof

Social proof adalah bukti sosial yang memperlihatkan bahwa orang lain telah melakukan atau mendukung sesuatu.

Sentiment Analysis

Sentiment Analysis adalah proses penggunaan teknik NLP, teks analitik, dan linguistik komputasional untuk mengidentifikasi dam mempelajari sentimen.

SOV

Share of Voice (SOV) adalah ukuran seberapa besar porsi iklan atau konten Anda dibandingkan dengan total iklan atau konten yang ada di pasar.

Social Commerce

Social commerce adalah model bisnis yang menggabungkan elemen sosial media dengan e-commerce.

Social Media Monitoring

Social Media Monitoring adalah proses mengamati, mengumpulkan, dan menganalisis percakapan online yang terjadi di berbagai platform media sosial.

Sponsored Stories

Sponsored Stories adalah bentuk iklan berbayar yang ditempatkan dalam konten platform media sosial atau web sebagai cerita yang relevan dengan pengguna.

Social Media Strategy

Social media strategy adalah rencana atau taktik yang dirancang untuk membantu bisnis mencapai tujuan spesifik melalui platform media sosial.

Social Media Takeover

Social media takeover adalah strategi pemasaran digital yang memberikan kendali sementara atas akun media sosial kepada individu, seperti influencer.

SOW

SOW adalah dokumen resmi yang digunakan untuk merinci pekerjaan yang harus dilakukan, tujuan proyek, lingkup pekerjaan, waktu pelaksanaan, serta hasil.

Social Media Marketing

Social media marketing adalah cara efektif bagi bisnis untuk memperluas jangkauan audiens melalui konten yang disesuaikan dan menarik.

Stories

Stories adalah fitur di media sosial yang memungkinkan pengguna untuk membagikan foto atau video pendek yang hanya muncul selama 24 jam.

Shadowban

Shadowban adalah istilah yang menggambarkan pembatasan atau pengurangan visibilitas konten atau akun pada platform media sosial.

Story Views

Story views adalah jumlah orang yang menonton atau melihat sebuah story di platform media sosial seperti Instagram, TikTok, atau Facebook.

Social Campaign

Social campaign adalah upaya untuk mempengaruhi sikap, perilaku, atau kebijakan masyarakat mengenai isu tertentu yang berkaitan dengan kepentingan sosial.

Social Media Trends

Social Media Trends adalah fenomena yang mencerminkan pola atau tren yang berkembang di platform media sosial.

Social Currency

Social currency adalah nilai yang diperoleh individu atau organisasi melalui pengaruh, kredibilitas, dan hubungan yang terjalin dalam komunitas sosial.

Social Engagement

Social engagement adalah segala bentuk interaksi antara merek dan audiens di platform media sosial yang mencakup likes, komentar, share, mention, dan partisipasi.

Social Media Specialist

Social Media Specialist adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk mengelola konten digital di berbagai platform media sosial suatu brand.

Social Media Strategist

Social Media Strategist adalah seorang profesional yang bertanggung jawab untuk merencanakan strategi media sosial suatu brand untuk jangka waktu yang panjang.

Shopee Affiliate

Shopee Affiliate adalah program bagi para pengguna media sosial untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara mempromosikan produk-produk yang ada di Shopee.

SEO Specialist

SEO Specialist adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat situs web di mesin pencari seperti Google.

Shoppertainment

Shoppertainment adalah strategi pemasaran yang menggabungkan elemen belanja (shopping) dan hiburan (entertainment) dalam strategi yang interaktif dan menarik.

Scrappy Content

Scrappy content adalah jenis konten yang dibuat dengan authentic dan unpolished, namun bisa mendapat engagement tinggi dari audiens.

SEA Marketing

Search Engine Advertising (SEA) marketing adalah strategi iklan berbayar yang memanfaatkan mesin pencari seperti Google untuk meningkatkan visibilitas brand secara instan.

SEM Specialist

Search Engine Marketing (SEM) Specialist adalah seorang yang bertanggung jawab untuk mengelola campaign iklan berbayar di mesin pencari seperti google untuk meningkatkan visibilitas sebuah website.

Solo Katsu

Solo Katsu adalah istilah jepang yang merujuk pada kegiatan menikmati waktu sendirian.

Soft Selling

Soft selling adalah pendekatan marketing yang bersifat halus, tidak memaksa, dan lebih berfokus membangun hubungan emosional dengan calon konsumen.

Spam

Spam adalah segala bentuk pesan yang dikirim secara massal dan tidak diinginkan oleh penerima.

Stitch

Stitch adalah fitur di TikTok yang mengambil cuplikan video orang lain di beberapa detik pertama lalu menambahkan video lanjutan milik sendiri di belakangnya.

Subscription

Subscription adalah model bisnis di mana pelanggan membayar biaya tertentu untuk mendapatkan akses berkelanjutan ke produk atau layanan dalam jangka waktu tertentu.

Single Platform Customer Journey

Single Platform Customer Journey adalah perjalanan konsumen, mulai dari melihat produk, menimbang kualitas, hingga pembelian yang dilakukan di satu platform saja.

T

Trendspotting

Trendspotting adalah proses mengidentifikasi, menganalisis, dan memanfaatkan tren yang sedang berkembang di pasar.

Termination

Termination adalah proses pengakhiran hubungan kerja atau kontrak yang dilakukan oleh salah satu pihak, baik itu karyawan, kontraktor, atau perusahaan.

Tutorial

Pengertian tutorial adalah metode pengajaran yang dilakukan secara bertahap dan berurutan untuk membantu seseorang memahami suatu konsep atau keterampilan.

Top Content

Top Content adalah konten yang memiliki daya tarik tinggi dan mampu menjangkau serta mempertahankan perhatian audiens.

Take Off

Take off adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan momen ketika sesuatu mulai bergerak atau meningkat secara signifikan.

TikTok Shop

TikTok Shop adalah fitur e-commerce di dalam aplikasi TikTok yang memungkinkan pengguna untuk membeli produk langsung dari video dan live streaming.

TikTok Live

TikTok Live adalah fitur di platform TikTok yang memungkinkan pengguna untuk melakukan siaran langsung atau live streaming kepada pengikut mereka.

Takeover

Takeover merujuk pada strategi di mana influencer atau KOL diberikan izin untuk mengelola akun media sosial suatu merek atau perusahaan untuk jangka waktu tertentu.

Tier

Tier adalah istilah yang sering digunakan untuk merujuk pada sistem hierarki atau tingkatan yang mengelompokkan sesuatu berdasarkan kategori tertentu.

Tone of Voice

Tone of voice merujuk pada cara suatu pesan disampaikan melalui kata-kata, intonasi, dan gaya komunikasi, baik dalam tulisan maupun lisan

Tutorial Video

Tutorial video adalah sebuah bentuk konten yang digunakan untuk memberikan petunjuk atau panduan kepada audiens mengenai suatu topik tertentu.

Target Audience

Target audience adalah kelompok orang dengan karakteristik tertentu yang menjadi sasaran utama dari kampanye pemasaran.

Talent Management

Talent management adalah proses yang sistematis untuk mengelola individu berbakat atau influencer dalam suatu industri.

Trend Analysis

Trend analysis adalah proses menganalisis data historis dan saat ini untuk mengidentifikasi pola dan prediksi tren di masa depan.

TikTok Challenge

TikTok Challenge adalah tantangan kreatif berbasis video yang dibuat oleh pengguna atau merek di platform TikTok.

Trend Forecasting

Trend Forecasting adalah proses pengumpulan dan analisis data untuk memprediksi pola dan tren masa depan di berbagai industri.

TikTok MCN

TikTok MCN membantu mengelola konten, meningkatkan reach, dan peluang monetisasi.

Trial Reels

Trial Reels merupakan fitur yang sangat membantu untuk content creator mengunggah videonya.

TikTok Go

TikTok Go adalah fitur TikTok yang memungkinkan content creator untuk mengafiliasi berbagai produk dari brand yang sudah daftar di TikTok.

Talent Pool

Talent pool adalah kumpulan daftar calon karyawan potensial yang telah diseleksi dan dinilai memiliki keterampilan serta kualifikasi yang relevan untuk kebutuhan perusahaan.

TikTok One

TikTok One adalah platform resmi TikTok yang dirancang sebagai ekosistem terpadu untuk mempertemukan brand, kreator, dan agensi dalam satu tempat.

TikTok TAP

TikTok TAP atau TikTok Affiliate Partner adalah program resmi TikTok yang menghubungkan seller, agency, dan creator di TikTok Shop bertujuan untuk menciptakan keuntungan bagi semua pihak.

TikTok Collaboration

TikTok Collaboration adalah fitur TikTok yang memungkinkan Anda berkolaborasi dengan creator lain dalam satu postingan.

U

User Generated Content

User Generated Content (UGC) adalah konten yang dibuat dan dipublikasikan oleh pengguna atau konsumen, bukan oleh brand atau perusahaan.

Usage Rights

Usage rights adalah izin atau hak yang diberikan kepada seseorang untuk menggunakan konten atau aset kreatif, seperti foto, video, musik, atau desain grafis.

Unboxing

Unboxing adalah proses membuka kemasan suatu produk yang biasanya direkam dan dibagikan melalui platform media sosial atau video streaming.

Username

Username adalah identitas unik yang digunakan oleh seseorang untuk mengakses berbagai platform digital.

Unboxing Video

Unboxing video adalah jenis konten yang menampilkan seseorang membuka paket atau kotak produk baru untuk menunjukkan isinya.

Up Selling

Up selling adalah strategi pemasaran yang mendorong pelanggan untuk membeli versi produk yang lebih mahal atau premium daripada pilihan awal mereka.

Underconsumption Core

Underconsumption Core adalah tren gaya hidup yang mengajak kita untuk tidak membeli barang secara berlebihan dan lebih bijak dalam menggunakannya.

V

Visual Storytelling

Visual storytelling adalah metode untuk menyampaikan pesan atau cerita melalui elemen visual seperti gambar, video, infografis, dan animasi.

Visual Aesthetics

Visual aesthetics adalah konsep yang merujuk pada keindahan atau daya tarik visual yang dimiliki oleh sebuah objek atau desain.

Videos View

Videos view adalah jumlah kali video ditonton oleh pengguna. Setiap kali video diputar, baik oleh pengikut atau tidak, dihitung sebagai satu tampilan.

Viral

Viral adalah istilah yang merujuk pada konten yang tersebar secara cepat dan meluas melalui internet terutama melalui media sosial.

VT TikTok

VT TikTok, atau Video TikTok adalah konten video pendek yang dibuat khusus untuk platform TikTok

Video Marketing

Video marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan konten video untuk mempromosikan produk, layanan, atau merek.

Virtual Influencer

Virtual Influencer adalah karakter digital yang dirancang menggunakan teknologi grafis komputer dan kecerdasan buatan untuk tampil sebagai sosok yang mirip manusia.

Vlog

Apa itu vlog dan mengapa populer di era digital Temukan jenis vlog

Vanity Metrics

Vanity metrics adalah data yang terlihat besar dan menarik, tetapi sebenarnya tidak memberikan gambaran nyata tentang kinerja campaign.

W

Whitelisting

Whitelisting adalah proses yang memungkinkan merek untuk menjalankan iklan melalui akun media sosial milik seorang influencer atau partner bisnis.

Warranties

Warranties adalah jaminan yang diberikan oleh produsen atau pihak lain yang menyediakan barang atau jasa untuk menjamin kualitas produk atau layanan yang dijual.

Woke-Washing

Woke washing adalah praktik ketika brand secara sengaja menampilkan citra peduli terhadap isu-isu sosial demi keuntungan bisnis, padahal tidak ada aksi nyata di balik pernyataan tersebut.

Word-of-Mouth

Word-of-Mouth (WOM) adalah bentuk komunikasi informal yang terjadi ketika seseorang merekomendasikan suatu produk, layanan, atau merek kepada orang lain berdasarkan pengalaman pribadi.

X

Y

Yellow Cart

Yellow Cart adalah salah satu alat atau sistem yang sering digunakan dalam dunia e-commerce atau perdagangan digital.

YouTube Shorts

YouTube Shorts adalah fitur video singkat yang diperkenalkan oleh YouTube untuk memberikan pengguna cara yang lebih mudah dan cepat untuk berbagi konten.

YouTube Live

YouTube Live adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk melakukan siaran langsung video ke publik melalui platform YouTube.

YouTube Shopping

YouTube Shopping adalah fitur belanja inovatif yang memanfaatkan platform YouTube sebagai medium interaktif untuk mempromosikan dan menjual produk.

Z

Zero Click

Zero click adalah hasil pencarian yang muncul di halaman hasil mesin pencari yang menjawab langsung kepada pengguna tanpa perlu mengklik hasil tersebut.

Zeitgeist

Zeitgeist adalah istilah yang merujuk pada semangat, budaya, dan nilai-nilai yang mencerminkan karakter dari suatu zaman tertentu.