kamilinsastoro
ุนููู ุงุจููู ุนูุจููุงุณู ุฑูุถููู ุงูููู ุนูููููู ูุง ููุงูู: ุตููููููุชู ู ูุนู ุฑูุณูููู ุงูููู ุตููููู ุงูููู ุนููููููู ููุณููููู ู ุฐูุงุชู ููููููุฉูุ ููููู ูุชู ุนููู ููุณูุงุฑูููุ ููุฃุฎูุฐู ุฑูุณูููู ุงูููู ุตููููู ุงูููู ุนููููููู ููุณููููู ู ุจูุฑูุฃูุณูู ู ููู ููุฑูุงุฆููุ ููุฌูุนูููููู ุนููู ููู ูููููู. ู ูุชูููููู ุนููููููู. Dari Ibnu โAbbas radhiyallahu โanhuma, ia berkata, โSuatu malam, aku pernah shalat bersama Rasulullah shallallahu โalaihi wa sallam. Aku berdiri di samping kirinya. Lalu beliau memegang kepalaku dari belakang dan memindahkanku ke sebelah kanannya.โ (Muttafaqun โalaih) [HR. Bukhari, no. 726 dan Muslim, no. 763] Faedah hadits: Posisi makmum adalah di sebelah kanan imam. Jika makmum berdiri di sebelah kiri imam, hendaklah ia berpindah ke kanan atau imam memindahkannya ke kanan. Memindahkan makmum seperti ini hanyalah perbuatan yang dianggap sedikit (bukan gerakan yang banyak), sehingga tidak membatalkan shalat. Referensi: 1. Minhah Al-โAllam fi Syarh Bulugh Al-Maram.Cetakan pertama, Tahun 1432 H. Syaikh โAbdullah bin Shalih Al-Fauzan. Penerbit Dar Ibnul Jauzi. Jilid Ketiga. 3:415-418. 2. Fiqh Bulugh Al-Maram li Bayaan Al-Ahkaam Asy-Syarโiyyah. Cetakan pertama, Tahun 1443 H. Syaikh Prof. Dr. Muhammad Musthafa Az-Zuhaily. Penerbit Maktabah Daar Al-Bayan. 2:41-42. #sholat #dakwah #belajar #islam #islamabad #islamic_video #dakwah_islam #dakwahislam #islamic #fyppppppppppppppppppppppp
Sujud yang dilakukan adalah bersujud pada tujuh anggota tubuh. Dari Ibnu โAbbas radhiyallahu โanhuma, Nabi shallallahu โalaihi wa sallam bersabda, ุฃูู ูุฑูุชู ุฃููู ุฃูุณูุฌูุฏู ุนูููู ุณูุจูุนูุฉู ุฃูุนูุธูู ู ุนูููู ุงููุฌูุจูููุฉู โ ููุฃูุดูุงุฑู ุจูููุฏููู ุนูููู ุฃููููููู โ ููุงููููุฏููููู ุ ููุงูุฑููููุจูุชููููู ููุฃูุทูุฑูุงูู ุงููููุฏูู ููููู โAku diperintahkan bersujud dengan tujuh bagian anggota badan: (1) Dahi (termasuk juga hidung, beliau mengisyaratkan dengan tangannya), (2,3) telapak tangan kanan dan kiri, (4,5) lutut kanan dan kiri, dan (6,7) ujung kaki kanan dan kiri.โ (HR. Bukhari, no. 812 dan Muslim, no. 490) Kebanyakan ulama berpendapat bahwa dahi dan hidung itu seperti satu anggota tubuh. Untuk anggota tubuh lainnya wajib bersujud dengan anggota tubuh tersebut. Imam Nawawi rahimahullah berkata, โJika dari anggota tubuh tersebut tidak menyentuh lantai, shalatnya berarti tidak sah. Namun jika kita katakan wajib, bukan berarti telapak kaki dan lutut harus dalam keadaan terbuka. Adapun untuk telapak tangan wajib terbuka menurut salah satu pendapat ulama Syafiโiyah sebagaimana dahi demikian. Namun yang lebih tepat, tidaklah wajib terbuka kedua telapak tangan.โ (Syarh Shahih Muslim, 4:185) https://rumaysho.com/21175-manhajus-salikin-sifat-shalat-nabi-sujud-pada-tujuh-anggota-tubuh.html #sholat #dakwahislam #sujud #islamic #viral_video #fyppp #islamic_media #viraltiktok #dakwah #dakwah_islam
Imam Ibnu Utsaimin ditanya, โApa yang harus dilakukan apabila imam batal wudhunya dalam posisi sujud?โ Jawab beliau, ุงูุนู ู ูู ูุฐู ุงูุญุงู ุฃู ููุตุฑู ู ู ุงูุตูุงุฉ ุ ููุฃู ุฑ ุฃุญุฏ ุงูู ุฃู ูู ูู ุงูุฐูู ุฎููู ุจุชูู ูู ุงูุตูุงุฉ ุจุงูุฌู ุงุนุฉ Yang harus dia lakukan dalam kondisi ini, dia harus membatalkan shalat, lalu menyuruh salah satu makmum yang berada di belakangnya untuk melanjutkan shalat jamaah. (Majmuโ Fatawa Ibnu Utsaimin, 15/154). Jika imam lupa atau tidak tahu, sehingga tidak langsung membatalkan, namun dia bangkit dengan membaca takbir, padahal dia sudah batal, kemudian diikuti makmum, maka shalat makmum tetap sah. Dalam dalam kasus ini ada udzur untuk makmum. Dalam Ensiklopedi Fiqh dinyatakan, ูุฅุฐุง ุญุตู ููุฅู ุงู ุณุจุจ ุงูุงุณุชุฎูุงู ูู ุฑููุน ุฃู ุณุฌูุฏ ูุฅูู ูุณุชุฎููุ ูู ุง ูุณุชุฎูู ูู ุงูููุงู ูุบูุฑูุ ููุฑูุน ุจูู ู ู ุงูุณุฌูุฏ ุงูุฎูููุฉ ุจุงูุชูุจูุฑ ููุฑูุน ุงูุฅู ุงู ุฑุฃุณู ุจูุง ุชูุจูุฑุ ูุฆูุง ููุชุฏูุง ุจูุ ููุง ุชุจุทู ุตูุงุฉ ุงูู ุฃู ูู ูู ุฅู ุฑูุนูุง ุฑุกูุณูู ุจุฑูุนู Jika ada sebab yang mengharuskan imam harus diganti dalam posisi rukuk atau sujud, maka imam bisa langsung nunjuk pengganti sebagaimana yang biasa dilakukan dalam posisi berdiri. Kemudian Imam pengganti mengangkat kepalanya dari sujud dengan mengeraskan takbir intiqal. Sementara imam yang batal, tidak boleh membaca takbir ketika bangkit, agar makmum tidak mengikutinya. Meskipun shalat makmum tetap sah jika dia bangkit karena mengikuti takbir imam. (al-Mausuโah al-Fiqhiyah, 3/253). #doa #sholat #sholat5waktu #islamic #islamabad #islamic_video #islamicvideo #islamicstatus #dakwah_islam #dakwah #fypdong #fypใ
ADAB SHOLAT JUMAT YANG BANYAK ORANG BELUM TAUโฆ #sholat ##muslim##dakwah##islam##adab##reminder##islamabad##dakwah_islam##fyppppppppppppppppppppppp##viralvideo
An-Nawawi rahimahullah mengatakan, โRekan-rekan kami bersepakat bahwa dianjurkan bagi masbuk agar tidak berdiri melanjutkan rakaat yang tersisa kecuali setelah imam selesai dari dua salam. Yang menegaskan hal itu adalah Al-Baghawi dan Mutawali serta lainnya. Ditegaskan hal itu oleh SyafiโI rahimahullah dalam Mukhtasor Buwaithi seraya mengatakan, โSiapa yang mendahului imam dengan sesuatu dari shalat, hendaknya jangan berdiri menambah rakaat sisa kecuali setelah imam selesai dari dua salam. Rekan-rekan kami mengatakan, โKalau dia berdiri setelah selesai dari ucapan โAssalamuโalaikumโ di salam pertama, itu dibolehkan karena imam telah keluar dari shalat.โ (Al-Majmu, 3/483). Beliau juga mengatakan, โKalau imam salam pertama, maka selesai ketentuam makmum harus mengikutinya. Baik yang bersama dari awal atau masbuk karena imam telah kelua dari shalat.โ (Al-Majmu, 3/484). https://islamqa.info/index.php/amp/id/answers/233313 #ilmu #islamic #sholat #dakwah #fyp #adab #islamabad #islamic_media #viralvideo
ADAB SHOLAT JUMAT YANG BANYAK ORANG BELUM TAUโฆ #sholat ##muslim##dakwah##islam##adab##reminder##islamabad##dakwah_islam##fyppppppppppppppppppppppp##viralvideo
ุนููู ุฃูุจูู ููุฑูููุฑูุฉู ุฑูุถููู ุงูููู ุนููููู ููุงูู: ููุงูู ุฑูุณูููู ุงูููู ุตููููู ุงูููู ุนููููููู ููุณููููู ู: ยซุฅููููู ูุง ุฌูุนููู ุงูุฅูู ูุงู ู ููููุคูุชูู ูู ุจูููุ ููุฅูุฐูุง ููุจููุฑู ููููุจููุฑููุงุ ูููุงู ุชูููุจููุฑููุง ุญูุชููู ููููุจููุฑูุ ููุฅูุฐูุง ุฑูููุนู ููุงุฑูููุนููุงุ ูููุงู ุชูุฑูููุนููุง ุญูุชููู ููุฑูููุนูุููุฅูุฐูุง ููุงูู: ุณูู ูุนู ุงูููู ููู ููู ุญูู ูุฏูููุ ููููููููุง: ุงููููููู ูู ุฑูุจููููุง ูููู ุงููุญูู ูุฏูุ ููุฅูุฐูุง ุณูุฌูุฏู ูุงุณูุฌูุฏููุงุ ูููุงูุชูุณูุฌูุฏููุง ุญูุชููู ููุณูุฌูุฏูุ ููุฅูุฐูุง ุตููููู ููุงุฆูู ุงู ููุตูููููุง ููููุงู ุงูุ ููุฅูุฐูุง ุตููููู ููุงุนูุฏุงู ููุตูููููุง ููุนููุฏุงู ุฃูุฌูู ูุนููููยป. ุฑูููุงูู ุฃูุจูู ุฏูุงููุฏูุ ูููุฐูุง ููููุธูููุ ููุฃูุตููููู ููู ุงูุตููุญููุญููููู. Dari Abu Hurairah radhiyallahu โanhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu โalaihi wa sallam bersabda, โSesungguhnya imam itu diangkat untuk diikuti. Maka apabila imam telah bertakbir, bertakbirlah kalian dan jangan bertakbir sebelum imam bertakbir. Apabila imam rukuk, maka rukuklah kalian dan jangan rukuk sebelum imam rukuk. Apabila imam mengucapkan โsamiโallahu liman hamidahโ, maka ucapkanlah โALLAHUMMA ROBBANAA LAKAL HAMDUโ. Apabila imam sujud, maka sujudlah kalian dan jangan sujud sebelum ia sujud. Apabila imam shalat berdiri, maka shalatlah dengan berdiri. Apabila imam shalat sambil duduk, maka shalatlah kalian semua sambil duduk.โ (HR. Abu Daud, lafaz hadits ini dari shahihain, Bukhari dan Muslim). [HR. Abu Daud, no. 603, juga diriwayatkan oleh Al-Bukhari, no. 734, 722 dan Muslim, no. 416, 417]. #sholat #islam #ilmu #adab #sunnah #viralvideo #dakwahislam #islamic #islam #fypp #viralvideo
Membungkukkan badan. Sebagaimana dalam hadits Abu Humaid As Saโidi radhiallahuโanhu, beliau berkata: ุฃูุง ููุชู ุฃุญูุธูู ูุตูุงุฉ ุฑุณูู ุงููู ุตูููู ุงูููู ุนููู ูุณูููู ุ ุฑุฃูุชู ุฅุฐุง ูุจุฑ ุฌุนู ูุฏูู ุญุฐุงุก ู ููุจููุ ูุฅุฐุง ุฑูุน ุฃู ูู ูุฏูู ู ู ุฑูุจุชููุ ุซู ูุตุฑ ุธูุฑู โDahulu aku yang paling hafal diantara kalian terhadap tata cara shalat Rasulullah Shallallahuโalaihi Wasallam. Aku melihat beliau ketika bertakbir, beliau menjadikan kedua tangannya sejajar dengan pundak, lalu membungkukkan badannyaโ (HR. Bukhari no. 828). Posisi punggung tegak lurus dengan kaki, tidak miring dan tidak terlalu bungkuk. Berdasarkan hadits dari Ali bin Abi Thalib radhiallahuโanhu: ูุงู ุฑุณูู ุงููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ุฅุฐุง ุฑูุนุ ูู ูุถุน ูุฏุญ ู ู ู ุงุก ุนูู ุธูุฑูุ ูู ููุฑุงู โbiasanya Rasulullah Shallallahuโalaihi Wasallam jika rukuk, andaikan diletakkan wadah air di atas punggungnya, tidak akan tumpahโ (HR. Ahmad, Al Albani dalam Ashl Shifat Shalat Nabi [2/637] mengatakan: โsanadnya lemah, namun kesimpulannya hadits ini dengan keseluruhan jalannya menjadi shahih tsabitโ). Kepala sejajar dengan punggung, tidak mendongak dan tidak terlalu menunduk. Berdasarkan hadits Abu Humaid As Saโidi radhiallahuโanhu: ุฅุฐุง ุฑูุน ุฃู ูู ูููู ู ู ุฑูุจุชูู ููุฑุฌ ุจูู ุฃุตุงุจุนู ุซู ูุตุฑ ุธูุฑู ุบูุฑ ู ููุน ุฑุฃุณู ููุง ุตุงูุญ ุจุฎุฏู โRasulullah Shallallahuโalaihi Wasallam jika rukuk beliau meletakkan kedua telapak tangannya pada lututnya dan membuka jari-jarinya sambil membungkukkan badannya dengan kepala yang tidak mendongak dan tidak mendekati pahanyaโ (HR. Abu Daud no. 731, Al Albani dalam Shahih Abi Daud mengatakan: โhadits ini shahih kecuali lafadz โdan tidak mendekati pahanyaโโ). Dalam hadits โAisyah radhiallahuโanha juga dijelaskan, ููุงู ุฅุฐุง ุฑูููุน ูู ููุดูุฎูุตู ุฑุฃุณูู ููู ููุตููููุจูู ูููู ุจูู ุฐูู โRasulullah Shallallahuโalaihi Wasallam jika rukuk beliau tidak meninggikan (mendongakkan) kepada dan tidak juga merendahkannya (terlalu membungkukkan), namun di antara keduanya (lurus)โ (HR. Muslim no. 498). Tangan diletakkan di lutut, bukan di paha atau di bawah lutut. Sebagaimana hadits Abu Humaid di atas, ุฅุฐุง ุฑูุน ุฃู ูู ูููู ู ู ุฑูุจุชูู ููุฑุฌ ุจูู ุฃุตุงุจุนู โRasulullah Shallallahuโalaihi Wasallam jika rukuk beliau meletakkan kedua telapak tangannya pada lututnya dan membuka jari-jarinyaโ (HR. Abu Daud 731). https://muslim.or.id/28927-tata-cara-rukuk-dalam-shalat-1.html #sholat #sunnah #islamic #ilmu #viralvideo #fypใทใ #islamic_media #dakwahislam #islamicvideo #islamabad
An-Nawawi rahimahullah mengatakan, โRekan-rekan kami bersepakat bahwa dianjurkan bagi masbuk agar tidak berdiri melanjutkan rakaat yang tersisa kecuali setelah imam selesai dari dua salam. Yang menegaskan hal itu adalah Al-Baghawi dan Mutawali serta lainnya. Ditegaskan hal itu oleh SyafiโI rahimahullah dalam Mukhtasor Buwaithi seraya mengatakan, โSiapa yang mendahului imam dengan sesuatu dari shalat, hendaknya jangan berdiri menambah rakaat sisa kecuali setelah imam selesai dari dua salam. Rekan-rekan kami mengatakan, โKalau dia berdiri setelah selesai dari ucapan โAssalamuโalaikumโ di salam pertama, itu dibolehkan karena imam telah keluar dari shalat.โ (Al-Majmu, 3/483). Beliau juga mengatakan, โKalau imam salam pertama, maka selesai ketentuam makmum harus mengikutinya. Baik yang bersama dari awal atau masbuk karena imam telah kelua dari shalat.โ (Al-Majmu, 3/484). https://islamqa.info/index.php/amp/id/answers/233313 #ilmu #islamic #sholat #dakwah #fyp #adab #islamabad #islamic_media #viralvideo
Jarak antara orang yang shalat dengan sutrah-nya Para ulama berselisih pendapat mengenai berapa jarak antara orang yang shalat dengan sutrah-nya. Karena dalam hal ini sekurang-kurangnya terdapat tiga hadits yang sekilas nampak tidak sejalan. Hadits 1 Hadits Abu Saโid Al Khudri radhiallahuโanhu bahwa Nabi Shallallahuโalaihi Wasallam bersabda: ุฅุฐุง ุตูููู ุฃุญุฏููู ูููููุตููู ุฅูู ุณูุชุฑุฉู ููููุฏูู ู ููุง โJika seseorang mengerjakan shalat maka shalatlah dengan menghadap sutrah dan mendekatlah padanyaโ (HR. Abu Daud 698, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Abi Daud). Hadits 2 Dari Sahl bin Saโad As Saโidi radhiallahuโanhu, beliau berkata: ูุงู ุจูู ู ูุตูููู ุฑุณููู ุงูููู ุตูููู ุงูููู ุนูููู ูุณูููู ู ูุจูู ุงูุฌุฏุงุฑู ู ู ุฑูู ุงูุดุงุฉู โBiasanya antara tempat shalat Rasulullah Shallallahuโalaihi Wasallam dengan dinding ada jarak yang cukup untuk domba lewatโ (HR. Al Bukhari 496). An Nawawi mengomentari hadits ini : โyaitu jarak dari tempat sujudโ (Syarah Shahih Muslim, 4/225). Sumber: https://muslim.or.id/18267-sutrah-shalat-3-jarak-sutrah.html Copyright ยฉ 2025 muslim.or.id #sholat #dakwah #islamabad #virall #islamicvideo #fypใทใ #fyp #viraltiktok #islam #islamic_media
Monthly trend of total Followers
Monthly trend of average likes per post
Kenali tipe KOL dari Nano hingga Mega dan manfaatkan data engagement rate kami untuk memilih influencer yang tepat.
| Nano 1K-10K |
Micro 10K-50K |
Mid-tier 50K-500K |
Macro 500K-1M |
Mega 1M+ |
|
|---|---|---|---|---|---|
| High | 5.31% | 2.01% | 2.47% | 2.53% | 2.60% |
| Above average | 4.01% | 1.80% | 1.74% | 1.53% | 1.94% |
| Average | 2.42% | 0.98% | 0.88% | 1.01% | 1.15% |
| Below average | 1.08% | 0.62% | 0.54% | 0.60% | 0.80% |
| Low | 1.06% | 0.50% | 0.32% | 0.44% | 0.57% |
Engagement rate didapatkan dari perhitungan rata-rata Likes, Comments, Share dibagi dengan jumlah followers kemudian dikali 100. Semakin tinggi engagement rate yang Anda miliki semakin baik nilai Anda.
Sudah tahu tentang KOL atau influencer level mulai dari Nano, Micro, Mid-Tier, Macro dan Mega ? Gunakan benchmark akurat kami untuk mengenal lebih jauh bagaimana benefit mengetahui engagement rate bisa membantu kita memilih KOL apa yang akan kita pakai.
Check engagement rate for any Youtube channel and get detailed analytics report
Check engagement rate for any Instagram account and get detailed analytics report
KOL.ID adalah platform teknologi pemasaran pertama di Indonesia yang memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) untuk mendukung kolaborasi antara Key Opinion Leaders (KOL) dan bisnis.
Platform ini menyediakan solusi lengkap untuk kebutuhan pemasaran di Instagram, TikTok, dan YouTube, semuanya terintegrasi dalam satu tempat.
Salah satu fitur utama KOL.ID adalah pembuatan dan pengecekan rate card otomatis bagi para KOL.
Dengan menggunakan data real-time dari berbagai platform media sosial, KOL.ID membantu KOL menentukan harga layanan mereka secara akurat dan adil,
sehingga mereka dapat fokus pada kreativitas dan peningkatan engagement rate.
Selain itu, KOL.ID menawarkan berbagai alat analisis, seperti kalkulator engagement rate untuk TikTok, Instagram, dan YouTube,
yang membantu KOL dan bisnis memahami performa akun media sosial dan membuat keputusan yang lebih baik dalam kampanye pemasaran.
Dengan berbagai fitur dan layanan yang ditawarkan, KOL.ID menjadi platform yang andal bagi KOL dan bisnis dalam menjalankan kampanye pemasaran yang efektif dan efisien.
FOR BRAND (Untuk Agency/Brand/Bisnis):
KOL Ranking: Fitur pencarian KOL yang sesuai dengan kebutuhan brand atau bisnis.
Cek Rate Card KOL: Tools untuk bisnis mengevaluasi rate card KOL berdasarkan data dari TikTok, Instagram & YouTube.
Campaign Report: Laporan terperinci untuk mendapatkan data performa (Like, Comment, Share, Views & Save) terkait performa kampanye pemasaran bersama KOL hanya menggunakan Link Posting.
FOR KOL (Untuk Key Opinion Leader):
Buat Rate Card: Alat untuk membantu KOL membuat rate card berdasarkan performa mereka di TikTok, Instagram & YouTube.
FREE TOOLS (Alat Gratis):
Buat MoU KOL: Membuat memorandum of understanding (MoU) antara KOL dan bisnis secara otomatis.
Cek ER KOL TikTok: Alat untuk menghitung engagement rate KOL di TikTok.
Cek ER KOL Instagram: Alat untuk menghitung engagement rate KOL di Instagram.
Cek ER KOL YouTube: Alat untuk menghitung engagement rate KOL di YouTube.
Download Video TikTok: Fitur untuk mengunduh video dari TikTok.
Download Video Instagram: Fitur untuk mengunduh video dari Instagram.
Download Video YouTube: Fitur untuk mengunduh video dari YouTube.
Kamus KOL: Panduan istilah-istilah penting terkait dunia KOL.
Extension Chrome: Extension yang memungkinkan untuk melihat analisa KOL dengan mudah hanya dengan membuka profil Instagram & TikTok.
Semua fitur ini menunjukkan bahwa KOL.ID adalah platform yang lengkap untuk mendukung kebutuhan KOL dan merek/bisnis dalam membangun strategi pemasaran digital.