brand

KOL.ID Report: Social Media Paling Cocok untuk Bisnis di Tahun 2025

watch-icon 3 min. to read
KOL.ID Report: Social Media Paling Cocok untuk Bisnis di Tahun 2025
ON THIS PAGE

Berdasarkan data dari demandsage.com, sosial media sudah menjadi bagian dari kehidupan banyak manusia. Bayangkan saja, sampai pada tahun 2025 ada sekitar 5,22 miliar orang di seluruh dunia menggunakan sosial media. Angka ini menunjukkan bahwa sekitar 63,8% dari populasi dunia telah aktif menggunakan berbagai platform sosial media. 

Jadi, sangat masuk akal jika pemasaran atau promosi melalui sosial media semakin banyak dilakukan oleh berbagai perusahaan mulai dari skala korporat maupun usaha mikro kecil dan menengah. 

Bahkan data dari GlobalWebIndex yang dilansir dari SearchEngineWatch.com menyatakan bahwa 54% pengguna sosial media menggunakan platform untuk mencari informasi tentang produk dan 71% dari yang mencari informasi tersebut cenderung membeli produk berdasarkan rekomendasi yang terlihat di sosial media. Hal ini menunjukkan bahwa sosial media menjadi sarana penting untuk pemasaran produk ataupun jasa di era sekarang. 

Namun, pernahkah Anda bertanya-tanya platform sosial media mana yang paling populer untuk memasarkan sebuah produk dan menjadi pilihan oleh berbagai marketer?

Pilihan Platform Social Media Terpopuler di Tahun 2025

Berdasarkan data dari LocaliQ, terdapat beberapa platform social media yang populer digunakan para brand untuk memasarkan produknya di tahun 2025 yaitu: 

Data tersebut menunjukkan bahwa facebook menjadi social media yang paling populer di kalangan marketer. Sekitar 76% responden melaporkan bahwa Facebook digunakan untuk keperluan pemasaran. Peringkat kedua terdapat instagram sekitar 63% dan Linkedin 43%. 

Jika merujuk pada data di atas, jelas orang akan melihat bahwa facebook sebagai platform terbaik untuk memasarkan produk mereka. Tapi, tahukah Anda bahwa popularitas sebuah platform bukan satu-satunya indikator produk Anda dapat menjangkau target konsumen. Pada titik ini, penting untuk mengikuti trend digital marketing industry.

Dalam trend digital marketing industry, short-form video atau video berdurasi pendek menjadi format pemasaran konten peringkat 1. Hal ini dapat dilihat dari data Blog.hubspot.com yang menjelaskan bahwa short-form video menawarkan ROI tertinggi sekitar 31% dibandingkan konten lainnya. 

Hal ini menunjukkan bahwa trend short-form video menjadi tren digital marketing yang semakin populer. 

Selain itu, data dari Wordstream.com menyatakan bahwa platfrom baru TikTok mengalami peningkatan sebesar 313%. Platform ini mengalami peningkatan terbesar dibandingkan aplikasi media sosial lainnya. Format konten berupa video berdurasi pendek menjadikan platform ini semakin digemari para konsumen dengan memberikan info penting dalam durasi singkat. 

Bahkan melansir dari web resmi perusahaan riset aplikasi, sensortower.com menyatakan bahwa TikTok menjadi aplikasi non-Facebook yang diunduh masyarakat global hampir mencapai 3 miliar. 

Data TikTok juga menunjukkan bahwa video yang direkam dalam rasio 9:16 mengalami peningkatan sebesar 91%. Ini menunjukkan bahwa format ini lebih efektif dalam menarik perhatian dan mendorong orang untuk melakukan pembelian.

Lantas, platform mana yang cocok untuk memasarkan produk pada tahun 2025? 

Nah, berdasarkan data dan informasi yang sudah dijelaskan di atas, Anda bisa memilih platform mana yang paling cocok untuk memasarkan produk atau jasa Anda. Namun perlu diingat, penting untuk mengetahui apakah target konsumen Anda menggunakan platform tersebut atau tidak. Pastikan juga Anda membuat konten kreatif, menarik dan relevan dengan trend sekarang agar apapun platform yang Anda pilih dapat membantu memasarkan produk Anda. 

Bagi Anda yang tertarik untuk mempromosikan produk melalui short-form video dengan kolaborasi bersama influencer, Anda dapat cek rate card influencer di KOL.ID. KOL.ID menyediakan tools untuk mengecek engagement rate KOL di TikTok, Instagram dan YouTube sehingga Anda bisa memastikan influencer yang Anda pilih benar-benar memiliki dampak yang signifikan terhadap audiens.

Jika Anda tertarik, Anda bisa cek rate card target influencer Anda di KOL.ID dan temukan influencer terbaik untuk mempromosikan produk Anda!

Rate this article

Click on a star below to rate our tool out of 5 stars

Average rating 5 / 5. Vote count: 2

Thank you for your rating!

share this article

review-img
Salsa - Manager KOL.ID

Hi, I'm Salsa! I focus on content marketing that brings brands together with KOLs to create authentic and engaging stories. By understanding trends and conducting research, I help brands and KOLs create impactful collaborations that resonate with their audience and deliver measurable results.

Tags:

Post You’ve Might Like

Empower your brand's
growth journey with KOL.ID

Equip yourself with an all-inclusive suite of tools for initiating and expanding influencer marketing campaigns.

Try KOL.ID for Free
  • Followers

    500k+1.50%

  • Avg. Likes

    20M+0.50%

  • Avg. Comments

    60K+2.10%

@skkky_hi

Reach

How helpful was this content?

Click on a star below to rate our tool out of 5 stars

Average rating 5 / 5. Vote count: 2

Thank you for your rating!

Newsletter

Be the first one to know about discounts, offers and events