Content Riding the Wave

Saat bersaing dengan berbagai konten di media sosial, ada satu strategi yang sering digunakan oleh content creator dan brand yang bisa jadi cara efektif untuk menduduki posisi pertama konten dengan traffic terbanyak. Strategi tersebut bernama riding the wave. Istilah ini mengacu pada langkah untuk memanfaatkan tren atau suatu hal yang sedang viral untuk meningkatkan visibilitas dan interaksi dengan audiens. Tapi, bagaimana cara melakukannya dengan efektif tanpa terlihat hanya ikut-ikutan?
Apa Itu Content Riding the Wave?
Content riding the wave adalah strategi di mana content atau brand menciptakan konten yang relevan dengan tren atau topik yang sedang populer. Tujuannya adalah untuk "menunggangi" hal yang populer, sehingga konten lebih mudah ditemukan dan diapresiasi oleh audiens yang lebih luas.
Contoh sederhananya, saat ada meme atau challenge viral, banyak kreator yang segera membuat versi mereka sendiri. Dengan begitu, konten mereka ikut muncul dalam pencarian atau algoritma platform, sehingga peluang untuk dilihat lebih banyak orang pun meningkat.
Mengapa Riding the Wave Efektif?
Bagi beberapa brand, tetap relevan di trend yang terus berubah mungkin jadi tantangan tersendiri. Untuk itu, sistem riding the wave atau mengikuti arus bisa jadi langkah yang paling tepat. Selain bantu brand tetap relevan, cara ini juga bisa membuat brand atau produk semakin dilihat. Nah, berikut ini beberapa alasan kenapa sistem riding the wave itu efektif.
Cek Algoritma
Platform seperti TikTok, Instagram, dan Twitter cenderung mempromosikan konten yang relevan dengan tren terkini. Dengan membuat konten yang sesuai, Anda meningkatkan peluang untuk masuk ke halaman rekomendasi atau timeline pengguna.
Relevansi dengan Audiens
Tren biasanya menarik perhatian banyak orang. Dengan mengikuti tren, Anda menunjukkan bahwa brand atau konten Anda selalu up-to-date dan sejalan dengan apa yang sedang dibicarakan audiens. Atau mudahnya, dengan mengikuti arus, brand menunjukkan bahwa mereka tetap relevan dan bisa dikonsumsi oleh konsumen di era tersebut.
Traffic Lebih Tinggi
Konten yang sesuai dengan tren punya potensi lebih besar untuk mendapatkan like, share, dan comment. Hal ini tidak hanya meningkatkan engagement tetapi juga memperluas jangkauan konten Anda.
Alasan-alasan di atas adalah sedikit dari beberapa penjelasan mengapa sistem riding the wave punya peranan penting pada visibilitas dan juga relevansi sebuah brand. Sejalan dengan FasterCapital yang mengatakan bahwa riding the wave atau Trendjacking adalah teknik pemasaran yang memanfaatkan tren populer untuk meningkatkan visibilitas dan keterlibatan brand. Dengan mengikuti tren terkini, brand dapat menjangkau audiens yang lebih luas dan memperkuat relevansinya di pasar.
Tips Membuat Content Riding the Wave yang Efektif
Ada beberapa cara yang bisa Anda catat agar bisa membuat content riding the wave yang efektif, yaitu:
Pantau Tren Secara Aktif
Selalu awasi apa yang sedang viral di platform media sosial. Anda bisa menggunakan fitur trending di Twitter, bagian exlplore di Instagram, atau FYP di TikTok untuk menemukan topik yang sedang viral. Simpan beberapa konten dengan traffic tinggi untuk Anda pelajari, mulai dari bagaimana cara membuatnya hingga poin-poin penting lainnya seperti sound hingga editing video.
Sesuaikan dengan Brand Voice Anda
Walaupun memang bertujuan mengikuti tren, tapi jangan hanya ikut-ikutan trend. Pastikan konten yang Anda buat tetap relevan dengan identitas brand Anda. Malah sebaliknya, audiens mungkin merasa konten tersebut seperti tidak nyambung.
Bertindak Cepat
Trend di media sosial bergerak sangat cepat. Jika Anda ingin memanfaatkan momen, pastikan Anda langsung membuatnya. Konten yang dibuat terlalu lama setelah tren mulai memudar akan kehilangan daya tariknya.
Gunakan Sentuhan Visual yang Menarik
Visual adalah kunci di media sosial. Pastikan konten Anda memiliki elemen visual yang menarik perhatian, seperti video berkualitas tinggi, desain grafis yang kreatif, atau foto yang estetis.
Interaksi dengan Audiens
Setelah konten Anda tayang, jangan lupa untuk merespons komentar atau pertanyaan dari audiens. Ini menunjukkan bahwa Anda peduli dan aktif berkomunikasi dengan mereka.
Tantangan dalam Riding the Wave
Meskipun strategi ini sangat efektif, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:
Risiko Terlihat Tidak Authentic
Jika konten Anda terlalu dipaksakan untuk mengikuti tren, audiens mungkin merasa bahwa Anda hanya mencari perhatian tanpa memberikan nilai tambah.
Durasi Tren yang Singkat
Tren di media sosial bisa datang dan pergi dalam hitungan hari. Pastikan Anda tidak menghabiskan terlalu banyak waktu untuk membuat konten yang relevan dengan tren tertentu.
Tidak Sesuai dengan Brand
Walaupun terlihat seru dan menyenankan, Anda perlu catat bahwa tidak semua tren cocok dengan identitas brand Anda. Pilih tren yang benar-benar relevan dan mendukung pesan yang ingin Anda sampaikan.
Contoh Riding the Wave yang Sukses
Banyak brand besar telah berhasil memanfaatkan riding the wave untuk campaignnya. Misalnya, saat ada tren "Dalgona Coffee" di awal pandemi, banyak brand makanan dan minuman segera membuat konten yang relevan, baik dalam bentuk resep maupun promosi produk.
Contoh lainnya adalah penggunaan meme atau format video yang sedang viral. Brand seperti Netflix sering menggunakan meme populer untuk mempromosikan serial atau film terbaru atau yang selaras dengan konten yang sedang viral, dengan cara yang lucu dan mudah diingat.
Content riding the wave adalah strategi yang sangat efektif untuk meningkatkan visibilitas dan engagement, asalkan dilakukan dengan cara yang autentik dan relevan. Selain melakukan riding the wave, Anda juga bisa meningkatkan visibilitas bahkan reach konten melalui kerja sama dengan KOL atau influencer. Anda bisa kunjungi KOL.ID dan gunakan fitur seperti cek rate card KOL TikTok dan media sosial lainnya untuk disesuaikan dengan budget Anda. KOL.ID siap bantu Anda terhubung dengan KOL yang tepat!

share this article

Fajar - Manager KOL.ID
Hi, I'm Fajar! I’m passionate about connecting brands with KOLs who build trust and shape consumer choices. With expertise in KOL marketing and a focus on trends, I create partnerships that strengthen brand stories and drive growth.
Post You’ve Might Like
Empower your brand's
growth journey with KOL.ID
Equip yourself with an all-inclusive suite of tools for initiating and expanding influencer marketing campaigns.
Try KOL.ID for Free