CTA
Apa itu CTA?
Call to Action atau sering disingkat CTA adalah sebuah terminologi yang merujuk ajakan untuk melakukan sesuatu dalam rangka mencapai suatu tujuan atau mengatasi suatu masalah. Dalam pemasaran digital, istilah ini sendiri acap diartikan sebagai teks apa pun yang dirancang dan dibuat untuk meminta tanggapan segera dari audiens dan atau mendorong penjualan segera.
Call to Action (CTA) adalah elemen penting dalam pemasaran digital. Ini karena CTA dirancang untuk mendorong audiens melakukan tindakan tertentu yang diinginkan oleh sebuah bisnis atau brand. Contohnya misalkan mempelajari informasi lebih lanjut atau melakukan pembelian. Oleh sebab itu, CTA biasanya berbentuk teks, tombol, atau link yang menarik perhatian seperti "Beli Sekarang," "Daftar Gratis," atau "Pelajari Lebih Lanjut."
Keberhasilan CTA tergantung pada beberapa faktor. Diantaranya adalah teks yang digunakan, desain visual, warna, dan bahkan penempatan pada halaman. Lebih dari itu, CTA yang menarik dan menonjol di antara konten lainnya dapat meningkatkan tingkat konversi dan keterlibatan pengguna, sehingga membantu brand mencapai tujuan pemasaran mereka dengan lebih efisien.
Jenis-Jenis CTA dan Tujuannya
Ada beberapa jenis CTA yang digunakan dalam pemasaran digital. Diantara jenis CTA adalah ajakan untuk membeli, mendaftar, mengunduh, atau membagikan. Setiap jenis CTA memiliki tujuan yang berbeda, misalnya, CTA yang mengajak untuk melakukan pembelian bertujuan untuk mendorong penjualan.
Contoh CTA dan Manfaatnya
Contoh CTA dapat ditemukan secara mudah. Sebab, CTA sudah populer digunakan dalam berbagai pentuk pemasaran digital. Contoh CTA yang umum digunakan adalah "Daftar Sekarang untuk Diskon 20%," atau "Mulai Uji Coba Gratis."
Kelebihan dan Kekurangan CTA
CTA bermanfaat sangat besar dalam strategi pemasaran. Sebab, CTA membantu mengarahkan audiens ke tindakan yang diinginkan. Juga, CTA dapat meningkatkan tingkat konversi, serta membantu mengumpulkan data penting tentang perilaku pengguna. Selain itu, CTA yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan keterlibatan pengguna dengan konten dan brand, memperkuat hubungan dengan audiens, dan membantu mencapai tujuan bisnis dengan lebih efisien.
Kelebihan dan Kekurangan CTA
Salah satu kelebihan CTA adalah kemampuannya untuk meningkatkan konversi dengan cara yang sederhana namun efektif. CTA juga sangat fleksibel karena dapat digunakan di berbagai saluran pemasaran digital. CTA juga mudah diukur menggunakan alat analitik sehingga perusahaan dapat melacak performa CTA dan melakukan optimasi jika diperlukan.
Kendati demikian, CTA juga memiliki kekurangan. Terutama jika CTA tidak dirancang dan diimplementasikan denan baik. CTA yang tidak dirancang dengan baik atau ditempatkan dengan buruk dapat diabaikan oleh pengguna. Bahkan, CTA yang buruk dapat menyebabkan pengguna menjadi frustrasi. Selain itu, penggunaan CTA yang berlebihan dalam satu halaman atau email dapat membuat pengguna merasa kesal yang justru akan menurunkan tingkat konversi.
Cara Membuat CTA yang Efektif dan Fungsinya
Untuk membuat CTA yang efektif, penting untuk mempertimbangkan beberapa elemen penting. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan CTA diantaranya adalah bahasa yang digunakan, desain visual, dan lokasi penempatan.
Bahasa yang digunakan dalam CTA harus tidak boleh bertele-tele. Selain itu, usahakan supaya CTA mengandung kata-kata aksi, seperti "Unduh Sekarang" atau "Mulai Gratis." Desain visual juga memainkan peran penting. Maka dari itu, CTA harus mencolok dan menarik perhatian dari elemen lain. Ini dapat dilakukan misalnya dengan menggunakan warna yang kontras dengan latar belakang.
Cara Menghitung Keefektifan CTA
Untuk mengukur keefektifan CTA, perusahaan dapat menggunakan beberapa metrik, seperti Click-Through Rate (CTR) dan Conversion Rate. CTR dihitung dengan membagi jumlah klik pada CTA dengan jumlah tampilan halaman atau email, kemudian dikalikan dengan 100 untuk mendapatkan persentase. Conversion Rate dihitung dengan membagi jumlah tindakan yang diinginkan (misalnya, pendaftaran atau pembelian) dengan jumlah klik pada CTA, lalu dikalikan dengan 100 untuk mendapatkan persentase.
Dengan memahami cara menghitung keefektifan CTA, perusahaan dapat melakukan analisis yang lebih mendalam dan mengoptimalkan strategi pemasaran mereka untuk mencapai hasil yang lebih baik.
CTA adalah alat penting dalam pemasaran digital yang digunakan untuk mengarahkan audiens ke tindakan tertentu dan meningkatkan tingkat konversi. Dengan memahami cara kerja, jenis, dan kelebihan serta kekurangan CTA, Ad Specialist dapat membuat strategi pemasaran yang lebih efektif, terukur, dan terarah.
share this article
Febby Chintia - Manager KOL.ID
Hi, I'm Febby Chintia! I’m passionate about connecting brands with KOLs who build trust and shape consumer choices. With expertise in KOL marketing and a focus on trends, I create partnerships that strengthen brand stories and drive growth.
Post You’ve Might Like
Empower your brand's
growth journey with KOL.id
Equip yourself with an all-inclusive suite of tools for initiating and expanding influencer marketing campaigns.
Try Kol.id for Free