brand

10 Food Vlogger Paling Populer di Indonesia

watch-icon 3 min. to read
10 Food Vlogger Paling Populer di Indonesia

Pernahkah Anda merasa tergiur saat melihat seorang food vlogger menyantap makanan lezat di media sosial? Atau mungkin Anda jadi penasaran ingin mencoba restoran yang mereka kunjungi? jangan khawatir, Anda tidak sendiri. 

Food vlogger telah menjadi sosok yang sangat berpengaruh dalam dunia kuliner. Mereka tidak hanya mencicipi makanan, tetapi juga mampu membangkitkan selera dan rasa penasaran para penonton dengan hidangan yang dimakannya. Tak jarang, video mereka membuat penonton merasa lapar dan ingin mencoba makanan yang mereka review. Inilah alasan mengapa banyak bisnis kuliner yang berkolaborasi dengan food vlogger. 

Mengapa Food Vlogger Penting bagi Bisnis Kuliner? 

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa semakin banyak brand makanan dan minuman yang menggandeng food vlogger untuk mempromosikan produk mereka? Karena food vlogger adalah strategi marketing efektif untuk menarik lebih banyak pembeli, meningkatkan brand awareness, bahkan hingga membuat restorannya viral. 

Penelitian dari Djafarova et. al (2017) mengungkapkan bahwa bisnis food and beverage telah menyadari pentingnya peran food vlogger dalam konten promosi mereka. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa 92% konsumen milenial lebih tertarik pada ulasan atau rekomendasi dari vlogger dibandingkan dengan selebritas. 

Data  tersebut menunjukkan bahwa ulasan dari food vlogger lebih autentik dan dapat dipercaya. Dampaknya bagi bisnis, ketika seorang food vlogger memberikan ulasan positif tentang suatu makanan, audiens cenderung untuk mencoba dan membeli makanan tersebut. 

Hal ini juga diperkuat dari penelitian Dewanthi (2024) yang mengungkapkan terdapat 5 variabel yang mengukur bahwa food vlogger itu dapat mempengaruhi sikap konsumen terhadap brand makanan, yaitu kepercayaan (trust), keahlian (expertise), kesukaan (liking), keakraban (familiarity), dan  kesamaan (similarity). 

Artinya, apabila food vlogger memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi, keahlian yang diakui, mampu menciptakan kedekatan dengan audiens, maka konsumen cenderung lebih merasa terhubung dengan brand yang dipromosikan. Faktor kesukaan dan kesamaan juga mempengaruhi keputusan pembelian konsumen karena konsumen akan lebih memilih brand yang dirasa cocok dengan preferensi makanan yang mereka sukai. Semua variabel ini secara umum dapat mendorong minat beli konsumen terhadap produk makanan yang direkomendasikan food vlogger. 

10 Food Vlogger Paling Populer di Indonesia 

Setelah mengetahui alasan pentingnya food vloger bagi bisnis kuliner, berikut adalah 10 food vlogger yang cocok untuk mengulas produk makanan atau minuman Anda agar lebih banyak dikenal dan menarik perhatian konsumen. 

1. Tanboy Kun 

Siapa yang tidak kenal dengan Tanboy Kun? Food vlogger yang terkenal dengan konten mukbang yang menggugah selera ini memiliki banyak audiens. Keunikan Tanboy Kun terletak pada caranya yang sangat ekspresif dalam menikmati makanan. Dia tidak hanya mengulas rasa, tetapi juga memberi penilaian mengenai tekstur dan kualitas makanan dengan cara yang sangat hidup. 

Kepribadiannya yang ceria dan gaya yang santai membuat penontonnya merasa seolah-olah mereka sedang makan bersama teman. Audiens menyukai konten Tanboy Kun karena kemampuannya untuk membawa energi positif dan kesenangan dalam setiap video makanannya. Nah, kira kira berapa ya engagement rate akun dari media sosial Tanboy Kun? Yuk, cek di bawah ini! 

 

BARA ILHAM

2. Ria SW

Ria SW adalah salah satu food vlogger yang fokus pada perjalanan kuliner, mencari makanan khas daerah dengan cara yang menyenangkan dan edukatif. Keunikannya terletak pada cara dia mengeksplorasi kuliner dari berbagai daerah di Indonesia dan memberikan informasi yang bermanfaat seputar asal-usul makanan tersebut.

Kontennya disukai audiens karena tidak hanya fokus pada rasa, tetapi juga cerita di balik setiap makanan dan memberikan pengalaman seru bagi penontonnya. Engagement rate dari akun media sosial Ria SW bisa cek di sini ya!

 

Ria SW

3. Nex Carlos 

Nex Carlos dikenal sebagai food vlogger yang tidak hanya mencicipi makanan, tetapi juga mencoba berbagai tantangan kuliner, terutama dalam hal makanan pedas. Keunikan Nex Carlos adalah caranya yang humoris dan penuh energi dalam mencoba makanan ekstrem. Dia tidak takut untuk mencoba makanan dengan level kepedasan yang tinggi, dan reaksi spontanitasnya saat makan selalu membuat penonton tertawa. 

ia juga terkenal dengan food vlogger yang sering membayar makanan yang ia ulas. Ini menjadi ketertarikan audiens dengan kemurahan hatinya. Selain itu, audiens juga menyukai konten Nex Carlos yang memberikan hiburan mengenai makanan ekstrem yang mungkin belum mereka coba.  

 

Nex Carlos

4. Mgdalenaf

Mgdalenaf dikenal dengan konten yang sering mengulas berbagai makanan Indonesia. Pembawaannya yang informatif mulai dari proses masak hingga saat memakan makanannya membuat audiens tertarik menonton kontennya.  Ia berbicara dengan gaya yang santai, membuat audiens merasa nyaman mengikuti setiap penjelasan yang diberikannya.

Salah satu aspek yang membuatnya semakin dicintai oleh audiens adalah keterlibatannya dalam mendukung bisnis kuliner, terutama yang ada di daerah-daerah terpencil atau usaha kuliner kecil yang membutuhkan bantuan untuk berkembang. Anda bisa cek engagement rat akun media sosial mgdalenaf di bawah ini! 

 

magda lenaf p.

5. Uda Palo 

Ada yang sering melihat konten mukbang nasi sebakul atau makan 1 kilogram tulang rangu? Nah, barangkali yang lewat di media sosial Anda adalah Uda Palo. Ia dikenal dengan video mukbang yang menampilkan dirinya menikmati berbagai jenis makanan dalam porsi besar. Gaya makannya yang ekspresif dan penuh semangat membuat penonton merasa terhibur.

Udapalo sering berinteraksi dengan pengikutnya melalui komentar dan pesan, menciptakan hubungan yang lebih dekat dengan audiens. Dengan gaya unik dan interaksi yang hangat dengan audiens, Udapalo berhasil menciptakan konten yang tidak hanya menghibur tetapi juga membangun hubungan yang kuat dengan pengikutnya.

 

Uda Palo

6. Sibungbung 

Sibungbung adalah food vlogger yang memiliki ciri khas dalam menjelaskan makanan dengan gaya yang simple, elegan, dan spontan. Ia sering kali mencoba makanan viral ataupun makanan mahal yang selama ini orang penasaran dengan rasanya. 

Pembawaannya yang classy dan ramah membuat audiens menyukai konten-kontennya. Ulasannya yang jujur terhadap rasa makanan juga menjadikan audiens percaya dengan rekomendasi makanan yang ia coba. Nah, bagi yang penasaran engagement rate akun dari Sibungbung, bisa cek di bawah ini ya!

 

Sibungbung|Jkt Food Aficionado

7. Onebitebigbite 

Pernahkah Anda menonton konten food vlogger yang sering kali menyebutkan “Dar Der Dor”? Ya, itu adalah ciri khas akun One Bite Big Bite, atau biasa dikenal dengan sebutan “Sherly Dar Der Dor” karena ia sering mengulas makanan dengan menyebutkan kata tersebut. 

Keunikannya adalah dalam cara dia menikmati setiap makanan, dengan mengambil satu gigitan besar dan memberi reaksi langsung. Video kontennya juga sangat bagus dalam memberikan efek zoom terhadap semua makanan yang digigitnya. Konten Onebitebigbite disukai karena bisa memberikan pengalaman mencicipi berbagai makanan dengan cara yang menyenangkan dan tidak memakan waktu lama. 

 

SERLY🇮🇩

8. Nanakoot

 

Nanakoot adalah food vlogger yang dikenal karena ulasan makanannya yang menarik. Konten yang dibagikan oleh Nana Koot meliputi berbagai jenis makanan, mulai dari masakan tradisional Indonesia hingga hidangan internasional. Ia juga kerap kali mengulas makanan yang sedang viral di media sosial. 

Ia sering membagikan video yang menunjukkan proses pembuatan masakan, ulasan makanan, serta tantangan kuliner. Selain itu, ia juga dikenal karena kejujurannya dalam memberikan ulasan tentang makanan yang ia coba. 

 

-

9. Ravie 

Ravie adalah food vlogger yang memiliki ciri khas dalam mengeksplorasi makanan yang manis, seperti kue dan makanan penutup. Keunikannya adalah cara dia menikmati makanan dengan ekspersif dan narasi pembawaannya yang membuat audiens memahami rasa yang disampaikannya. 

Bukan hanya makanan manis, ia juga mengulas makanan viral yang banyak diincar oleh Gen Z. Kontennya sangat menghibur bagi anak muda yang sedang mencari rekomendasi makanan viral atau restoran untuk hangout bersama teman.  

 

Muhammad Ravie Dwi Agustian

10. Codeblu

Codeblu adalah seorang food vlogger yang dikenal karena ulasan jujur dan kritis terhadap berbagai makan. Ia aktif membagikan pengalaman kuliner dengan gaya yang lugas dan tanpa kompromi. Bahkan, para pengikutnya menyebutnya sebagai “raja terakhir” karena reviewnya paling dipercaya oleh audiens.

Karena berbagai perseteruan di bisnis kuliner, akhirnya identitas Codeblu terungkap, yaitu William Anderson, seorang pria yang memiliki latar belakang pendidikan di Le Cordon Bleu, sekolah kuliner ternama di Paris. Ia memiliki pengalaman sebagai penasehat dan kritikus untuk hotel bintang lima serta restoran mewah. Meskipun sempat menjadi sorotan publik karena perseteruan tersebut, Codeblu tetap melanjutkan aktivitasnya sebagai food vlogger dengan pendekatan yang jujur dan kritis terhadap dunia kuliner.

 

Codeblu

Penasaran dengan Rate Card Food Vlogger? Cek Aja di KOL.ID!

Itulah beberapa food vlogger di Indonesia yang menghadirkan konten menarik bagi audiens. bagi brand yang tertarik bekerja sama dengan food vlogger, Anda bisa cek rate card dan informasi lainnya mengenai food vlogger tersebut melalui KOL.ID

KOL.ID menyediakan tools bagi brand untuk cek rate card berbagai food vlogger, influencer, maupun KOL dari berbagai niche dengan akurat sesuai performa akun media sosial masing-masing. Platform ini juga menyediakan berbagai data terbaru, tren terkini, dan informasi mengenai influencer. Tunggu apalagi? Yuk, segera kunjungi KOL.ID sekarang dan temukan food vlogger pilihan Anda! 

Rate this article

Click on a star below to rate our tool out of 5 stars

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

Thank you for your rating!

share this article

review-img
Salsa - Manager KOL.ID

Hi, I'm Salsa! I focus on content marketing that brings brands together with KOLs to create authentic and engaging stories. By understanding trends and conducting research, I help brands and KOLs create impactful collaborations that resonate with their audience and deliver measurable results.

Tags:

Post You’ve Might Like

Empower your brand's
growth journey with KOL.ID

Equip yourself with an all-inclusive suite of tools for initiating and expanding influencer marketing campaigns.

Try KOL.ID for Free
  • Followers

    500k+1.50%

  • Avg. Likes

    20M+0.50%

  • Avg. Comments

    60K+2.10%

@skkky_hi

Reach

How helpful was this content?

Click on a star below to rate our tool out of 5 stars

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

Thank you for your rating!

Newsletter

Be the first one to know about discounts, offers and events