Bagi para job seekers atau perusahaan, pastinya sudah tidak asing lagi dengan posisi KOL Specialist. Profesi ini menjadi salah satu posisi strategis dalam dunia marketing modern, karena cara promosi brand kini tak lagi lewat iklan konvensional, tapi melalui kolaborasi dengan para KOL. Tak heran jika banyak Gen Z yang mulai melirik dan mengincar karier sebagai KOL Specialist.
KOL Specialist bukan hanya sekedar mencari influencer, tetapi juga mengkurasi, menganalisis performance, hingga menjalin relasi dan kolaborasi antara KOL dan brand agar campaign berjalan efektif. Dan satu hal yang menarik, para KOL Specialist ini mulai menunjukkan eksistensinya secara terbuka dan aktif, bukan hanya di Instagram atau TikTok, tapi di LinkedIn.
Mereka menampilkan eksistensi profesional mereka. Membagikan berbagai insight seputar influencer, membangun personal branding, hingga memperluas jejaring profesional dengan audiens.
Lantas siapa saja KOL Specialist Indonesia Paling Populer di LinkedIn? Nah, KOL.ID telah meriset beberapa KOL Specialist populer berdasarkan jumlah followers di LinkedIn yang diambil per 7 Juli 2025. Yuk, simak di bawah ini!
.jpg)
10 KOL Specialist Indonesia Paling Populer di LinkedIn
Untuk memahami lebih jauh bagaimana peran mereka di dunia profesional, mari kita kenalan lebih dekat dengan 10 KOL Specialist Indonesia yang populer di LinkedIn.
1. Hamzah Nasution

Hamzah Nasution adalah KOL Specialist sejak tahun 2017, dengan pengalaman sebagai KOL Manager, KOL Mentor, KOL Business Consultant, dan Education Content Creator. Ia telah berhasil membangun jaringan hingga 12.553 followers, menjadikannya salah satu KOL Specialist paling populer di LinkedIn.
Hamzah juga merupakan founder dari “KOL For All Academy” di mana ia mengajarkan dan menjadi konsultan materi-materi seperti KOL Brief, Campaign Reporting, serta berbagi pengalaman langsung melalui batch‑batch yang diikuti oleh pekerja, pelajar, dan praktisi marketing. Audiens banyak yang mengikutinya karena konten yang dibagikan di LinkedIn bermanfaat dan aplikatif bagi para KOL Specialist.
2. Nurul Latifah

Nurul Latifah adalah KOL Specialist di PT Daylight Media Indonesia sejak Mei 2025, dengan total followers sekitar 7.033 di LinkedIn. Sebelum peran tersebut, ia pernah magang sebagai KOL Specialist di Spotless, dan Digital Marketing Specialist serta Copywriter, mencerminkan fondasi yang kuat dalam strategi konten dan komunikasi digital.
Sebagai KOL Specialist, Nurul bertanggung jawab menyusun dan melaksanakan strategi aktivasi KOL, termasuk listing KOL, pengelolaan brief campaign, dan pelaporan campaign kepada brand.
3. Yehezkiel Yordan

Yehezkiel Yordan, yang biasa dipanggil Yordan, saat ini menjabat sebagai KOL Specialist di PT Jaco Nusantara Mandiri, memiliki lebih dari 5.963 followers. Sebelum beralih ke posisi ini pada awal 2025, ia mengukir pengalaman sebagai Analyst Business Development di Shopee, menangani ratusan seller hingga meningkatkan GMV high‑tier campaign sekitar 40–50%.
Sebagai KOL Specialist sekarang, Yordan bertanggung jawab atas manajemen influencer, strategi kampanye, serta engagement KOL-brand. Ia kerap menyoroti track record kariernya, pembelajaran dari brand besar seperti Shopee, serta pencapaian personalnya yang dibagikan di LinkedIn.
4. Aan Khunaefi

Aan Khunaefi, S.Ds, memiliki latar belakang pendidikan desain dan bekerja di Yatim Mandiri sebagai Communication Specialist. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Social Media Designer dan KOL Specialist di perusahaan tersebut. Dengan 5.031 followers di LinkedIn, ia berhasil menarik audiens yang puas melalui kombinasi keahlian visual dan pemasaran influencer.
Meskipun unggahan terkait KOL-nya relatif terbatas, namun perjalanan kariernya yang bertransisi dari social media manager, menjadi KOL Specialist, menginspirasi audiens. Ia bertugas menghubungi KOL untuk mengkampanyekan program-program di Laznas Yatim Mandiri.
5. Indah Sari

Indah Sari Suwaraykab adalah seorang KOL Strategist di Skintific yang memiliki 3.218 followers. Ia memadukan strategi influencer dan affiliate marketing untuk mendorong awareness sekaligus mendorong konversi melalui social commerce.
Pada salah satu unggahannya, Indah membagikan kisah transformatif dari campaign KOL yang awalnya fokus pada brand awareness, kini diarahkan ke GMV (Gross Merchandise Value). Ia mengaku pernah memulai dari nilai ratusan ribu, namun kemudian berhasil mencapai GMV miliaran rupiah. Unggahan tersebut mendapat banyak likes dan komentar, menandakan bahwa postingannya menarik bagi audiens di LinkedIn.
6. Anggia Syabilla Putri

LinkedIn/Anggia Syabilla Putri
Anggia Syabilla Putri merupakan seorang KOL Specialist berpengalaman di beauty industry dan digital marketing. Ia pernah berkarier sebagai KOL Specialist untuk Scarlett Indonesia, dan saat ini bergabung dengan Glad2Glow sebagai KOL Specialist, bertanggung jawab atas end-to-end manajemen KOL dan influencer branding.
Anggia sering repost berbagai insight dan wawasan terkait campaign dan KOL. ia juga membagikan portofolio, dan membangun personal branding sehingga memiliki 3.115 followers di akun LinkedInnya. Ia membagikan beberapa hasil study case dari course yang diikutinya kepada audiens di LinkedIn.
7. Megakasia Sudirman

Megakasia Sudirman adalah Senior KOL Specialist di startup finansial Stockbit yang memiliki followers sekitar 2.603 di LinkedIn. Ia memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam mengelola KOL. Ia juga aktif menjadi pembicara di webinar, seperti salah satunya di organisasi Lingkaran, yang menekankan pada tema KOL marketing.
Konten LinkedIn-nya banyak menyoroti perannya sebagai pembicara webinar di berbagai organisasi, biasanya lewat unggahan sertifikat sebagai narasumber. Postingannya di LinkedIn menarik bagi audiens sehingga banyak interaksi positif dan komentar apresiatif kepada Megakasia.
8. Vika Fahriyati

Vika Fahriyati adalah seorang Community & KOL Specialist yang kini bekerja di Secondate sejak April 2024. Sebelumnya berperan sebagai Community Team Leader di Rukita dan KOL Executive di Sociolla sehingga ia memiliki sekitar 1.988 followers di LinkedIn.
Ia menyampaikan pendekatan modern dalam pemasaran digital, yaitu melalui strategi community engagement dan KOL activation yang sinergis. Sebagai KOL Specialist, ia juga mengelola brief KOL untuk campaign dan memonitor performancenya.
9. Sinta Schumann
.jpg)
Sinta Schumann adalah seseorang yang sekarang menjabat sebagai B2B Partnership di Hernest.com, di mana sebelumnya ia menjadi USA KOL Specialist di Hernest.com. Ia memiliki 1.689 followers di LinkedIn. Sinta memiliki perjalanan karier sebagai KOL Specialist di berbagai industry, seperti Skintific, Nestle, dan menjadi KOL Manager di @S2 Pengangguran.
Selama bekerja menjadi KOL Specialist di Harnest.com, ia membuat list top tier KOLs yang berbasis di USA dari berbagai niche seperti home decor, beauty, family dan lain-lain di platform media sosial seperti Instagram, TikTok, atau YouTube. Sinta membangun hubungan jangka panjang dengan influencer, memastikan bahwa kolaborasi antara brand dan influencer berjalan lancar dan produktif.
10. Wilfrida Rosari

Wilfrida Rosari adalah KOL Specialist di Glad2glow yang memiliki 1.517 followers. Dalam perannya, Wilfrida bertanggung jawab untuk mengelola hubungan dengan Key Opinion Leaders (KOL) dan influencer, serta merancang dan melaksanakan strategi kampanye yang efektif untuk meningkatkan visibilitas dan penjualan produk perusahaan.
Dari track record pekerjaannya, ia pernah menjadi KOL Officer untuk Bienti Media Group, KOL & Community Specialist di Hyppe, dan KOL Specialist di Skintific. Pengalamannya sebagai KOL specialist ini telah memperkuat personal branding Wilfrida dan menunjukkan kredibilitas dalam persona profesionalnya.
Sulit Reach KOL untuk Tanya Rate Card? Cek Aja di KOL.ID!
Nah, itulah beberapa KOL Specialist Indonesia yang paling populer di LinkedIn. Dari mereka, kita bisa melihat bahwa dunia influencer marketing bukan lagi soal viral-viralan semata, tapi soal strategi, riset, dan kolaborasi yang terukur.
Tapi bagi para KOL specialist, pasti ada satu tantangan yang masih sering dihadapi para KOL Specialist maupun brand, yaitu mengetahui rate card KOL yang sesuai. Banyak yang masih kesulitan mendapatkan info rate card dari KOL secara transparan, atau terjebak negosiasi yang memakan waktu. Tak jarang, budget jadi over karena estimasi harga yang tak sesuai dengan performa asli sang KOL.
Untuk mengatasi masalah itu, Anda bisa manfaatkan KOL.ID, platform yang membantu brand dan marketer mengetahui rate card KOL berdasarkan performa akun. Anda bisa mengetahui rate card KOL di Instagram, TikTok, atau YouTube, sehingga dapat memudahkan proses negosiasi. Yuk, segera cek rate card di KOL.ID!