brand

KOL.ID Report: Berapa Banyak KOL Beauty TikTok di Indonesia?

watch-icon 3 min. to read
KOL.ID Report: Berapa Banyak KOL Beauty TikTok di Indonesia?
ON THIS PAGE

Memasuki era digital yang semakin maju, platform TikTok bukan hanya berfungsi sebagai media sosial biasa, tetapi juga tempat bagi orang untuk mencari informasi bahkan membeli produk kecantikan dan perawatan kulit. 

Data dari KOL.ID menunjukkan bahwa kategori beauty & personal care menjadi urutan pertama sebagai produk yang paling sering dibeli di TikTok per 12 Januari 2025. Data ini mencerminkan adanya kecenderungan konsumen yang menjadikan platform TikTok sebagai tempat untuk membeli produk kecantikan. 

Namun ditengah derasnya arus beauty konten di TikTok, pernahkah Anda bertanya-tanya, berapa banyak orang yang berada di balik tren beauty konten yang viral saat ini? Yang lebih menarik lagi, sebenarnya berapa jumlah KOL beauty yang aktif di TikTok Indonesia? 

Pertanyaan ini penting karena KOL bukan hanya sekedar pembuat konten, tetapi mereka adalah penggerak opini yang mampu mempengaruhi persepsi dan keputusan pembelian konsumen. Dengan semakin banyaknya beauty konten yang viral di Indonesia, apakah Anda tahu jumlah dari KOL beauty TikTok di Indonesia? 

Tidak perlu berlama-lama lagi, yuk simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Jumlah Beauty KOL TikTok di Indonesia

Berdasarkan data terbaru dari Kalodata, terdapat sekitar 133.000 creator beauty yang aktif menciptakan konten TikTok di Indonesia. Angka ini menunjukan betapa banyaknya content creator yang telah membangun pengaruh besar terhadap pembelian konsumen di industri kecantikan. 

KOL beauty ini tidak hanya terbatas pada makeup artist atau reviewer produk skincare, tetapi juga mencakup mereka yang membagikan tips merawat kulit, tutorial make up hingga edukasi mengenai bahan-bahan skincare. Beragamnya sudut pandang dan pendekatan konten terhadap audiens mengenai segala hal tentang kecantikan menjadikan para KOL beauty ini mampu menarik perhatian audiens dari berbagai latar belakang dan menciptkan sejumlah tren yang sering kali viral. 

Apa Artinya bagi Bisnis Kecantikan?  

Banyaknya creator beauty yang aktif di TikTok menggambarkan bahwa TikTok menjadi salah satu platform yang mampu meningkatkan pemasaran produk kecantikan melalui kolaborasi dengan KOL beauty. 

Kini menggunakan KOL untuk memasarkan produk menjadikan salah satu strategi yang sangat efektif di Tiktok. Merujuk data dari Business Research Insights, pasar KOL marketing secara global mencapai nilai USD 73,25 miliar pada tahun 2024 dan diproyeksikan akan terus tumbuh hingga USD 237,68 miliar pada tahun 2033, dengan tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 12,5% selama periode tersebut.

Data ini mengartikan bahwa penggunaan KOL sebagai strategi marketing bisnis akan berkembang pesat dalam beberapa tahun mendatang. Data ini juga sekaligus menunjukkan bahwa bisnis semakin menyadari kekuatan KOL dalam strategi pemasaran.

Dalam konteks beauty brand, kolaborasi dengan KOL beauty menjadi langkah strategis yang bisa dipertimbangkan, mengingat pasar KOL marketing secara global akan tumbuh pesat dalam beberapa tahun ke depan. KOL memiliki kekuatan untuk menjangkau audiens lebih spesifik dan membangun koneksi yang lebih personal dengan konsumen. 

Seiring berkembangnya tren marketing digital, short-form video atau video berdurasi pendek menjadi format yang mendominasi tren marketing saat ini. Format tren tersebut menjadikan platform sosial media seperti TikTok sebagai pilihan populer untuk memasarkan produk.

TikTok Platform yang Tepat bagi Strategi Marketing Bisnis Kecantikan 

Berdasarkan data dari KOL.ID, brand beauty atau bisnis kecantikan di TikTok berhasil meraih revenue sebesar Rp 508, 59 miliar hanya dalam 7 hari mulai dari 6-12 Januari 2025. 

Pencapaian revenue sebesar ini menunjukkan keberhasilan strategi pemasaran beauty brand di TikTok. Data ini juga mencerminkan posisi beauty brand sebagai salah satu kategori bisnis yang populer di TikTok.

Dengan popularitas yang terus meningkat, TikTok kini menjadi platform nomor satu untuk penjualan produk kecantikan di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan merujuk pada data dari KOL.ID yang menunjukkan bahwa 60% beauty brand hadir di Tiktok Shops. Sementara sisanya di Instagram Shops 34% dan Facebook Shops 24%. 

Secara keseluruhan, data ini menunjukkan adanya pergerseran signifikan pada beauty brand untuk memilih platform e-commerce mereka. TikTok dengan konten video berdurasi pendek dan algoritmanya yang relevan menjadi platform populer beauty brand untuk menjangkau target konsumen. Fitur interaktif seperti live shopping juga memungkinkan bisnis kecantikan untuk berinteraksi langsung dengan audiens. 

Di sisi lain, Instagram Shop dan Facebook Shop tampaknya semakin tertinggal karena kurang mengikuti format tren video pendek atau short-form video yang mendominasi format tren marketing saat ini. Meskipun kedua sosial media tersebut memiliki basis pengguna yang besar, format visual berupa gambar tidak secepat dan seefektif video berdurasi pendek dalam menciptakan engagement yang tinggi. 

Saatnya Beralih ke Tren Strategi Marketing 2025

Strategi marketing dengan berkolaborasi bersama KOL menjadi strategi pemasaran yang tepat untuk keberhasilan beauty brand guna meningkatkan brand awareness dan menjangkau audiens yang lebih luas. 

KOL Beauty memiliki pengaruh besar dalam membentuk opini dan keputusan konsumen dalam membeli produk. Hal ini menjadikan KOL sebagai mitra strategis bagi beauty brand dalam meningkatkan engagement dan mendorong penjualan produk. 

Untuk beauty brand yang ingin mengoptimalkan pemasaran produk digital, kini saatnya beralih ke strategi marketing yang relevan yaitu berkolaborasi bersama KOL beauty. Optimalkan pemasaran produk dengan bekerjasama dengan KOL Beauty yang dapat membantu Anda menjalankan campaign efektif dan berdampak besar pada audiens. 

Anda bisa cek rate card KOL Beauty di KOL.ID untuk menemukan mitra terbaik dalam memperkuat strategi marketing digital bisnis Anda! Jangan lewatkan kesempatan untuk menjadikan brand Anda lebih dikenal dan dicintai konsumen!

Rate this article

Click on a star below to rate our tool out of 5 stars

Average rating 5 / 5. Vote count: 12

Thank you for your rating!

share this article

review-img
Salsa - Manager KOL.ID

Hi, I'm Salsa! I focus on content marketing that brings brands together with KOLs to create authentic and engaging stories. By understanding trends and conducting research, I help brands and KOLs create impactful collaborations that resonate with their audience and deliver measurable results.

Tags:

Post You’ve Might Like

Empower your brand's
growth journey with KOL.ID

Equip yourself with an all-inclusive suite of tools for initiating and expanding influencer marketing campaigns.

Try KOL.ID for Free
  • Followers

    500k+1.50%

  • Avg. Likes

    20M+0.50%

  • Avg. Comments

    60K+2.10%

@skkky_hi

Reach

How helpful was this content?

Click on a star below to rate our tool out of 5 stars

Average rating 5 / 5. Vote count: 12

Thank you for your rating!

Newsletter

Be the first one to know about discounts, offers and events