Di balik kesuksesan membangun personal branding, ada banyak influencer yang juga berhasil membangun bisnis kuliner. Mereka tidak hanya jago membuat konten menarik di Instagram, TikTok, dan YouTube, tetapi juga cerdas memanfaatkan pengaruh popularitas untuk mempromosikan bisnis kulinernya.
Dengan gaya promosi yang santai, autentik, dan personal, mereka mampu mempengaruhi followers-nya untuk mencoba bisnis kulinernya. Banyak pengikut yang awalnya hanya penasaran karena melihat review atau vlog di media sosial, akhirnya benar-benar membeli karena merasa dekat dan percaya dengan influencer di balik brand tersebut.
Apalagi jika bisnis kuliner tersebut dimiliki oleh akun Instagram, TikTok, atau YouTuber terpopuler di Indonesia. Setiap unggahan mereka bisa langsung menarik perhatian publik. Fenomena ini membuktikan bahwa personal branding yang kuat bukan hanya menghasilkan likes dan followers, tapi juga peluang ekonomi yang nyata.
10 Influencer yang Punya Bisnis Kuliner Paling Populer di Indonesia
Siapa saja influencer yang punya bisnis kuliner di Indonesia? Yuk, simak daftarnya di bawah ini!
1. Arief Muhammad - RM Padang Payakumbuah & Baso Aci Akang

Arief Muhammad adalah influencer yang sukses membangun bisnis kuliner, salah satunya RM Padang Payakumbuah dan Baso Aci Akang. RM Padang Payakumbuah mengusung citra rasa autentik masakan minang yang tidak sesuai. Saat ini sudah memiliki beberapa cabang di Jakarta, Tangerang, dan kota-kota lainnya.
Arief memanfaatkan popularitasnya di media sosial untuk mempromosikan kedua usaha ini, sehingga menarik banyak pelanggan dari kalangan pengikutnya. Dengan pendekatan marketing kreatif, Arief berhasil menciptakan brand yang dikenal luas dan diminati generasi muda. Anda bisa cek rate card Arief Muhammad di bawah ini!
2. Dimas Ramadhan - Meatguy Steakhouse

Dimas Ramadhan adalah influencer yang sukses mengembangkan bisnis steak bernama Meatguy Steakhouse. Meatguy lahir dari hobinya memasak daging dan eksperimen teknik dry aging yang dibagikan melalui media sosial. Video tentang memasak steak-nya sempat viral hingga jutaan views, mendorong dia untuk meresmikan usaha restoran.
Dimas memanfaatkan personal branding sebagai influencer untuk mempromosikan restoran ini lewat postingannya dan behind the scene. Pendekatan ini menarik pecinta steak dan penggemar konten kuliner untuk datang dan mencoba sendiri. Anda bisa cek rate card Dimas Ramadhan di bawah ini!
3. Fadil Jaidi - Traffic Bun

Fadil Jaidi dikenal sebagai influencer dengan gaya humoris yang dekat dengan keseharian anak muda. Di balik kesuksesannya di dunia hiburan digital, Fadil juga merambah dunia bisnis kuliner dengan mendirikan Traffic Bun, kedai burger dengan konsep playful dan khas gaya Gen Z.
Ia dan ayahnya juga memiliki bisnis Waroeng Pak Muh kerap mempromosikan produknya secara santai lewat konten bersama ayahnya yang selalu viral di TikTok dan Instagram. Dengan pendekatan yang lucu dan personal, Fadil berhasil membuat bisnisnya diterima luas oleh penggemar loyalnya yang ia namakan "Pasukan Ghoib" dan masyarakat umum. Anda bisa cek rate card Fadil Jaidi di bawah ini!
Baca juga: 10 Food Vlogger Paling Populer di Indonesia
4. Denny Sumargo - Burger Bangor

Denny Sumargo adalah influencer yang sukses mendirikan bisnis kuliner Burger Bangor. Brand ini menawarkan burger premium dengan harga terjangkau dan cita rasa khas. Didirikan sekitar tahun 2019, Burger Bangor kini telah berkembang pesat dengan ratusan outlet di berbagai kota di Indonesia.
Ciri khas ini menggunakan daging sapi Australia berkualitas dengan harga terjangkau dan menu bervariasi burger jelata dan Sultan Cheese. Denny Sumargo juga sering memanfaatkan media sosialnya untuk mempromosikan bisnisnya. Anda bisa cek rate card Denny Sumargo di bawah ini!
5. Iben - Sambal Bakar Indonesia

Iben adalah influencer yang sukses mengembangkan Sambar Bakar Indonesia. Bisnis kuliner yang menonjolkan cita rasa pedas khas Nusantara. Konsepnya sederhana tapi menarik, sambal yang dibakar langsung di tempat sebelum disajikan.
Dengan gaya promosi yang sering interview pengunjung dan mendapatkan hadiah, Iben berhasil menjadikan bisnis ini viral dan banyak diminati pecinta kuliner pedas. Anda bisa cek rate card Iben di bawah ini!
Baca juga: 10 Influencer Street Food Paling Populer di Indonesia
6. Minbite - Petit Bite
.jpeg)
Minbite atau yang memiliki nama asli Siska adalah influencer yang memiliki bisnis cookies bernama Petit Bite. Bisnis kuliner ini menawarkan camilan manis dengan tampilan menggoda dan rasa premium.
Dengan branding yang konsisten dan visual yang menarik, Petit Bite cepat mendapatkan perhatian di media sosial. Promosi yang dilakukan Minbite terasa autentik, lucu, dan sesuai dengan personal value-nya. Anda bisa cek rate card Minbite di bawah ini!
7. Praz Teguh - Warung Taburai

Praz Teguh adalah influencer dan komika yang membuktikan bahwa ia bukan hanya sukses di dunia hiburan, tetapi juga di ranah bisnis kuliner lewat Warung Taburai. Mengusung konsep makanan rumahan dengan cita rasa nusantara, Warung Taburai cepat menarik perhatian berkat cara promosinya yang jenaka dan khas Praz.
Ia sering membagikan momen saat berada di Warung Taburai. Praz sering membagikan momen di balik layar dan interaksi lucu bersama timnya, yang membuat bisnis ini terasa dekat dengan audiens. Anda bisa cek rate card Praz Teguh di bawah ini!
8. Shani Amelia - Rameshan

Shani Amelia adalah influencer yang sukses membangun bisnis kuliner bernama Rameshan. Brand ini hadir dengan konsep masakan rumahan yang sederhana tetapi nikmat. Ciri khasnya yaitu nasi bungkus lengkap dengan lauk rumahan seperti cumi, hingga yang menu populer adalah nasi lidah sapi yang menggugah selera.
Konsep ini membuat Rameshan cepat populer di kalangan pekerja muda dan mahasiswa yang mencari makanan lezat, praktis, dan terasa seperti buatan rumah sendiri. Anda bisa cek rate card Shani Amelia di bawah ini!
9. Renald Fadli - Ayam Renald

Renald Fadli adalah influencer yang memiliki bisnis kuliner yaitu Ayam Renald, bisnis kuliner dengan konsep ayam geprek modern. Bahkan, banyak influencer dan KOL lainnya yang review makanan ini di TikTok.
Tidak butuh waktu lama, Ayam Renald pun viral di TikTok dan menjadi salah satu brand kuliner yang banyak dibicarakan. Anda bisa cek rate card Renald Fadli di bawah ini!
10. Tretan Muslim - Bebek Carok

Tretan Muslim adalah influencer yang sukses membangun bisnis kuliner bernama Bebek Carok. Brand ini menghadirkan cita rasa khas Madura dengan menu andalan nasi bebek berbumbu hitam yang pedas, gurih, dan kaya rempah. Didirikan pada tahun 2022, Bebek Carok berhasil menarik perhatian pecinta kuliner berkat keunikan rasanya dan konsep penyajiannya yang autentik namun tetap modern.
Setiap porsinya disajikan dengan sambal khas yang beragam, mulai dari sambal bawang, sambal mangga, hingga sambal carok yang membuat pelanggan ingin kembali mencoba. Dengan konsep tempat makan yang kekinian dan rasa masakan yang kuat akan nuansa tradisional, Bebek Carok kini telah berkembang menjadi salah satu bisnis kuliner populer yang digemari anak muda. Anda bisa cek rate card Tretan Muslim di bawah ini!
Cek Rate Card Influencer hanya di KOL.ID!
Dari berbagai influencer di atas, terlihat bahwa para influencer Indonesia tidak hanya sukses di dunia digital, tetapi juga mampu membuktikan diri sebagai pebisnis kuliner yang inovatif dan visioner. Dengan menggabungkan kekuatan personal branding, kreativitas, dan pemahaman tren pasar, mereka berhasil menciptakan brand kuliner yang tidak hanya viral, tetapi juga dicintai banyak orang.
Bagi Anda yang ingin bekerja sama dengan influencer, Anda bisa cek rate card-nya di KOL.ID. Platform ini menyediakan tools untuk cek rate card di Instagram, TikTok, dan YouTube dengan mudah dan praktis. Yuk segera cek rate card di KOL.ID!