Buat Rate Card Tiktok Buat Rate Card Instagram Buat Rate Card Youtube
Buat MoU Otomatis Cek ER KOL Tiktok Cek ER KOL Instagram Cek ER KOL YouTube Download Video Tiktok Download Video Instagram Download Video Youtube Kamus KOL
Ranking KOL Tiktok Ranking KOL Instagram Ranking KOL Youtube Cek Rate Card KOL Tiktok Cek Rate Card KOL Instagram Cek Rate Card KOL Youtube Campaign Report KOL Management Extensions KOL.ID
Login Register
HOME Glossary Stitch

Stitch

Hero image of a city skyline at night

Saat scroll TikTok, Anda pasti pernah melihat video seseorang yang diawali dengan cuplikan konten orang lain, lalu menyambungnya dengan video dirinya sendiri? Nah, inilah yang dinamakan fitur stitch di TikTok.

Bukan cuma content creator atau KOL yang menggunakannya, banyak brand yang juga menggunakan fitur ini untuk meningkatkan brand awareness. Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini! 

Apa Itu Stitch?

Stitch adalah fitur di TikTok yang mengambil cuplikan video orang lain di beberapa detik pertama lalu menambahkan video lanjutan milik sendiri di belakangnya. Dengan fitur ini, creator bisa menanggapi, menambahkan opini, atau memberikan konteks baru dari video yang sudah ada.

Hal ini menjadikan stitch sebagai alat kreatif untuk menciptakan narasi bersambung yang mengundang interaksi. Tak heran jika akun Instagram, TikTok, YouTuber terpopuler pun sering memanfaatkan fitur ini untuk membuat konten yang lebih engaging dan relevan dengan tren.

Manfaat Stitch Bagi Brand 

Nah, stitch ini juga memiliki manfaat bagi brand untuk meningkatkan strategi marketing. Beberapa manfaatnya yaitu: 

1. Meningkatkan Brand Awareness

Salah satu keunggulan utama dari stitch adalah kemampuannya membawa brand masuk ke dalam percakapan yang sedang ramai di media sosial. Ketika sebuah brand me-stitch video populer atau viral, otomatis brand tersebut ikut muncul di hadapan audiens yang sebelumnya mungkin belum mengenalnya. Tanpa harus membuat konten dari nol, brand bisa “menyisipkan diri” dalam tren dan mendapatkan eksposur yang lebih luas secara organik.

Baca juga: Pelajari Lebih Dalam soal Exposure, untuk Brand yang Lebih Dikenal!

2. Meningkatkan Engagement 

Konten yang dibuat lewat stitch cenderung mendapat lebih banyak perhatian karena memanfaatkan video yang sudah memiliki daya tarik. Brand bisa membuat konten stitch yang memancing komentar, like, dan share dari audiens mereka sehingga engagement video meningkat. 

3. Mendorong User-Generated Content (UGC)

Brand juga bisa menciptakan challenge atau campaign yang mengajak audiens untuk me-stitch video tertentu. Cara ini ampuh untuk memperluas jangkauan pesan brand secara organik, karena setiap konten stitch yang dibuat audiens akan memuat cuplikan dari video brand.

Baca juga: Kenalan dengan UGC Creator, Content Creator yang Relate dan Natural!

4. Memberikan Konten yang Lebih Organik 

Dengan stitch, brand tidak lagi tampil sebagai “iklan satu arah”, melainkan ikut terlibat aktif dalam diskusi. Ini memperkuat citra brand sebagai entitas yang peka terhadap tren, responsif terhadap opini publik, dan organik. 

Perbedaan Stitch dan Duet 

Beberapa diantara pengguna mungkin masih bingung perbedaan fitur stitch dan duet di TikTok. Walaupun sama-sama menyambung video orang lain, terdapat perbedaan diantara keduanya, yaitu: 

Stitch: Sambung Video 

Stitch membuat kreator dapat mengambil potongan video orang lain dan menyambungnya dengan video baru. Hasilnya seperti satu narasi utuh dengan dua bagian berbeda: pembuka dari video asli dan kelanjutan dari kreator. Contoh salah satu brand yang menggunakan fitur stitch untuk strategi marketing bisa dilihat di bawah ini! 

@primagraphiaofficial Ditendang sapi‼️? - INFO LIBUR LEBARAN - #fyp #primagraphiaofficial #liburlebaran #stitch #viral #sapi ♬ original sound - PrimaGraphia Digital Printing

Duet: Tampil Bersama

Duet menampilkan dua video secara berdampingan dalam satu layar. Biasanya digunakan untuk reaksi, kolaborasi, atau interpretasi konten yang lebih visual, seperti tarian, challenge, atau tutorial. Contohnya bisa dilihat pada video di bawah ini! 

@bimoky #duet with @Voice Institute Indonesia yuk ikutan #googlemapsvochallenge hadiahnya kamu bisa ikutan pelatihan VO Gratis. #voiceover #BelajarVO #fypシ ♬ original sound - Voice Institute Indonesia

Stitch adalah fitur yang menawarkan lebih dari sekadar kreativitas. Bagi brand, ini adalah jembatan untuk masuk ke dalam percakapan yang sudah ada, menyampaikan pesan secara kontekstual, dan membangun engagement dengan tren unik. 

Ingin tahu berapa biaya kerja sama dengan influencer untuk membuat konten stitch atau duet di TikTok, Instagram, dan YouTube? Cek rate card influencer dan KOL berbagai platform hanya di KOL.ID dan temukan kolaborasi terbaik untuk brand Anda!